" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

Road Show Jurnalistik Goes to School 2011: Keberanian dan Ketekunan Modal Dasar Jadi Penulis

Medan, (Analisa). Direktur Lembaga Baca Tulis (eLBeTe) Sumatera Utara, Ali Murthado,SAg, MHum mengatakan untuk menjadi seorang penulis di surat kabar dibutuhkan modal dasar antara lain harus memiliki keberanian dan ketekunan.
"Untuk menjadi seorang penulis surat kabar harus memiliki modal dasar antara lain niat, keberanian, ketekunan, wawasan, tidak patah semangat, rajin bertanya dan siap menerima kritikan,"kata Ali Murthado pada Road Show Jurnalistik Goes to School di MAN 1 Medan di Jalan Pancing Medan, Kamis (29/12).
Kegiatan ini dibuka Kepala MAN 1 Medan, H Burhanuddin Harahap, SAg, MPd dan sambutan Koordinator Wartawan Unit Pemko Medan, Muhammad Arifin, SPd,MPd sekaligus penyerahan buku "Memoar Teropong" Kisah Nyata Jurnalis Mahasiswa yang diterbitkan Format Publishing.
Menurut Ali Murthado, tanpa niat seseorang tidak akan bisa menjadi penulis, apalagi tidak memiliki keberanian dan ketekunan maka keinginan tersebut tidak akan pernah terwujud.
Selain itu, untuk menjadi penulis juga harus memiliki wawasan, dan rajin bertanya khususnya bertanya kepada orang-orang yang berkompeten dan yang terpenting saat memiliki hasil karya mau menerima kritikan untuk perbaikan ke depan.
Dalam materi "Menulis,Ayo Kamu Bisa" Ali menegaskan salah satu keuntungan dari penulis bisa mendapat penghasilan sampingan, menjadi tambah rajin membaca dan terkenal bahkan pekerjaan sampingan dan mungkin juga sebagai pembicara. "Keuntungan-keuntungan lainnya, di antaranya bisa meramu ide agar menyamakan paham tentang sesuatu dan dapat menghasilkan uang,"kata Ali yang juga membekali siswa dengan tips menulis.
Sementara, Teja Purnama, pemateri teknik mencari berita menyampaikan materi dengan simulasi, membuat suasana kian semarak. Wartawan, sebagai penyampai informasi menurutnya harus bisa menyampaikan informasi yang akurat. Sebab, informasi yang salah bisa menyebabkan dunia hancur. "Setiap orang berbakat dan punya potensi sebagai wartawan. Paling tidak menjadi wartawan bagi dirinya sendiri," bilangnya.
Junaidi, pemateri tentang fotograpi, menyebutkan, untuk menghasilkan gambar yang bagus, harus mengetahui intensitas cahaya yang tepat. Untuk itu, dapat menggunakan bantuan alat ukur atau lightmeter. Menurutnya, kamera ibarat sebuat mata, yang dalam kegelapan lama kelamaan bisa melihat dengan jelas akhirnya. "Semua hasil fotograpi bisa ditentukan dengan menyetel program yang ada di kamera, mulai dari ISO, apeture, diafragma dan lain sebagainya, dengan tepat," ucapnya.
Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan Burhanudin Harahap SAg MPd mengaku bangga, sekolahnya menjadi salah satu tempat yang dipilih sebagai tempat digelarnya Road Show Jurnalistik Goes to School 2011 yang digelar Koordinator Wartawan Unit Pemko Medan.
Menurutnya, selain mendapat pengetahuan tentang jurnalistik, melalui road show, siswa juga berkesempatan menyerap pengetahuan perihal fotograpi jurnalistik.
"Ini juga untuk menyahuti ekstrakurikuler MAN 1 tentang fotograpi yang mulai berlangsung Januari 2012," ungkapny.
Dia mengungkapkan seiring perkembangan kemajuan MAN 1 Medan, pada 2012 pihaknya menuju ISO. Setelah ada pelatihan penulisan, pihaknya juga tak menampik akan membuat esktra kurikuler fotografi dan majalah sekolah serta akan menyediakan peralatan fitnes untuk siswa siswi MAN 1 Medan.
Kepala sekolah berharap, di sekolah yang menjadi tempat terakhir digelarnya road show, bisa lebih berkesan. Dia juga cukup apresiatif dengan hajatan yang digelar panitia. Sehingga selain berterima kasih, dia pun mohon maaf jika ada kekurangan pelayanan.
Sebelumnya, Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemko Medan M Arifin SPd, MPd mengatakan, kegiatan road show jurnalistik goes to school 2011 digelar di 6 sekolah diawali di Pencawan, SMA Negeri 3 yang dibuka oleh Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM, SMA N 2 Medan, SMA Santo Thomas, SMK Negeri 5 Medan dan Kegiatan yang didukung penuh Pemko Medan diharapkan menambah wawasan bagi siswa. "Dari enam sekolah yang digelar, MAN 1 Medan merupakan sekolah yang terakhir menjadi tempat gelaran kegiatan road show ini," ujarnya.
Di akhir acara, mewakili Koordinator Wartawan Unit Pemko, Dipo S Sumarno didampingi wakil ketua, ME Ginting, S.Sos, sekretaris Reza Shahab mengungkapkan, MAN 1 menurutnya yang terbaik, karena siswa-siswinya tertib. "Jadi kalau MAN 1 dapat predikat sekolah madrasah terbaik, itu wajar. Kami salut dengan MAN 1, termasuk siswa-siswinya. Tiga pemateri yang menyampaikan materi diharapkan bisa diserap dan bermanfaat bagi para siswa," ujarnya. (maf)