" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

FASILITAS LENGKAP DUKUNG SISWA BERKUALITAS


MEDAN –(WASPADA)
Untuk mewujudkan siswa-siswi berkualitas, harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik dan lengkap di sekolah.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, pada peresmian beberapa sarana dan prasarana di MAN 1 Medan, hari ini (30/5/2012). Eldin melihat keberadaan fasilitas pendukung proses belajar mengajar di sekolah tersebut sudah memadai.

"Upaya MAN 1 Medan dalam melengkapi sarana yang bermanfaat untuk proses belajar mengajar di sekolah ini saya memberi apresiasi luar biasa," kata Eldin.

Pada kesempatan tersebut, Eldin melantik 66 kader kesehatan dokter remaja di lingkungan MAN 1  Medan, melakukan  peresmian perpustakaan digital, peresmian sekretariat ISO 9001-2008, dan  peresmian panggung senam olahraga fitnes sebagai sarana olahraga di sekolah MAN 1 Medan, serta launching dimulainya pembuatan museum gambar terlengkap di dunia.

Dengan adanya sarana dan prasarana lengkap di sekolah ini, Eldin menilai MAN 1 Medan telah memberi kontribusi yang berguna bagi generasi muda ke depan dalam pembinaan karakter dan kualitas pendidikan. Namun demikian, dia mengingatkan kemauan para pelajar untuk menggali ilmu seluas-luasnya merupakan faktor dominan dalam mewujudkan SDM berkualitas, bukan hanya kelengkapan fasilitas semata.
  
"Yang terpenting, kecerdasan otak juga harus diimbangi dengan kecerdasan spiritual. Itu karena kecerdasan intelektual tanpa dibekali siraman spiritual, siswa bagaikan jiwa tak  bermesin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 1 Medan, Burhanuddin Harahap memaparkan prestasi siswa yang terbukti dengan  lulusnya siswa sekolah itu 100 persen dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini. Bahkan, dari 321 siswa peserta UN yang  lulus, 105 siswa sudah diterima di beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti di UI, IPB, UGM dan  Unimed.
 
Burhanuddin juga menekankan MAN 1 tidak hanya membentuk siswa shaleh dalam beribadah, tapi juga menjadikan siswa MAN 1 Medan mandiri, dapat memenej dirinya untuk menjadi siswa mandiri dan berprestasi.    Atas dasar itulah, MAN 1 Medan berupaya untuk melakukan pelayanan pendidikan dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008.

"Sekretariat ISO di sekolah  ini untuk memantau dan melihat bagaimana penjaminan mutu di MAN 1 Medan.  Selain itu juga untuk mengkaji strategi-strategi supaya apa yang dilakukan sekolah ini mempunya sistem  dan panduan serta program yang jelas," tandasnya.(dat06/wol)
Berita terkait dapat dilihat di sini 

WAKIL WALIKOTA LANTIK DOKTER REMAJA MAN 1 MEDAN
 
MEDAN - Wakil Walikota Medan, Dzulmi Eldin, didampaingi  Asisiten Kemas Musaddat, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Rajab Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi kota Medan dan Kementerian Agama Kota Medan Iwan Zulhami Menlantik dokter - dokter kecil MAN 1 dan resmikan pemakaian perpustakaan digital, di gedung Madarasah Aliyah Negeri 1 Medan, Jalan Wilian Iskandar Medan, hari ini.

Menurutnya,pelantikan dokter remaja dan peresmian beberapa sarana penunujang proses belajar mengajar di MAN 1 ini, tentunya sangat  berharga, khususnya bagi para pelajar seperti perpustakaan digital, secretariat ISO 9001, panggung senam olah raga fitness serta pembuatan museum gambar untuk menciptakan para pelajar yang berkualitas.

Salah satu prioritas pembangunan kota saat ini adalah meningkatkan taraf pendidikan masyarakat, melalui pendidikan diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat juga semakin semakin membaik. Meningkatnya taraf pendidikan masyarakat bukan hanya dari segi kuantitasnya saja, tetapi juga dari seghi kualitas, dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, tentunya harus didukung dengan sarana prasarana yang mamadai termasuk dalam proses belajar mengajar, ungkapnya.

Wakil Walikota Medan memberikan apresiasi yang setingginya atas upaya MAN I Medan untuk melengkapi sarana sekolah yang ada, guna menciptakan anak didik yang berkualitas.

“Melalui kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan para guru pengajar atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini dalam rangka pembinaan generasi bangsa,” ujar Eldin.

Dikatakan, Madrasah Aliyah Negeri I Medan sebagai salah satu sekolah negeri dibawah Kementerian Agama RI, yang berbasis pendidikan agama. MAN I telah banyak memberikan kontribusi terhadap lahirnya generasi bangsa yang bukan hanya pinter secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak dan pengethuan agama yang baik.

Kedepannya MAN I Medan diharapkan pendidikan yang berkarakter , memberikan dasar-dasar kearah perkembangan jiwa dan sikap serta ilmu, keterampilan, keimanan, yang akan melahirkan daya cipta kreasi bagi para pelajar, guna  memberikan bekal kehidupan bermasyarakat, berangsa dan bernegara dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, imbuhnya.

Sementara Burhanuddin sebagai Kepal;a Sekolah MAN I melaporkan jumlah murid sekarang 1043 siswa/siswi, jumlah guru 97 orang, dokter remaja yang dilantik 66 orang, sedangkan siswa/I yang mengikuti Ujian Nasional baru-baru ini 321 orang , dengan kelulusan 100 parsen.

Editor: AGUS UTAMA