" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

MAN 1 Medan Upgrading Siswa Melalui PKR


MEDAN (Berita): Bulan ramadan ini dimanfaatkan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan) untuk meng-upgrading (meningkatkan mutu) siswanya dengan berbagai program kegiatan  di sekolah yang bernaung dibawah Kementerian Agama ini.
Berbagai rangkaian kegiatan itu dirangkum dalam pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadan (PKR) mulai Kamis [26/7] hingga Sabtu [28/7] di sekolah Jalan Williem Iskandar No. 7B Medan.
Menurut  Kepala MAN 1 Medan H  Burhanuddin Harahap SAg MPd upgrading dilakukan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang keagamaan. Selain itu, selama tiga hari tiga malam pelaksanaan PKR tersebut siswa peserta diharapkan mempraktekkan pengamalan ibadahnya dan mampu bersosialisasi.
PKR tidak hanya berakhir sampai disitu, karena setelah pelaksanaan usai Sabtu [28/7], pada Senin [30/7] peserta PKR yang lulus dengan kriteria tertentu akan diterjunkan untuk berdakwah dalam tim safari ramadan MAN 1 Medan, yang dibagi dua tim masing-masing ke Kabupaten Karo dan Langkat.
Untuk mengikuti PKR yang diadakan oleh para alumni MAN 1 Medan, kata Burhanuddin, diadakan seleksi terlebih dahulu. Dari 450 siswa yang mendaftar, terdapat 118 orang siswa yang lulus untuk mengikuti PKR.
Kemudian, bagi yang mempunyai bakat dalam bermasyarakat dan berpidato yang berhubungan dengan keagamaan maka disaring lagi jadi 80 siswa. Peserta yang lulus seleksi itulah nantinya akan diberangkatkan ke desa-desa di  dua kabupaten di Sumut itu untuk berdakwah mengaplikasikan ilmu keagamaannya.
Burhanuddin berharap apa yang diperoleh peserta selama PKR dapat dipraktekkan di daerah dakwah yang sudah ditetapkan panitia. Dia menegaskan, di dua kabupaten itu peserta tidak menyampaikan hukum Islam, tapi berpartisipasi seperti mengumandangkan azan, membaca Al Quran, menjadi bilal dan menjadi Imam serta memberikan ceramah-ceramah agama yang sifatnya mengimbau.
Burhanuddin optimis program ini betul-betul bisa menambah wawasan para siswa dan peserta mendakwahkan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh. Progam yang sudah berjalan selama 29 tahun ini dilakukan MAN 1 Medan tanpa henti selama mengisi bulan puasa ramadan.(aje)