" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

Lakukan Briefing Setiap Pagi Untuk Tingkatkan Disiplin


Salah satu cara kepala MAN-1 Medan dalam meningkat disiplin gurunadalah mengadakan briefing pagi , di ruangan guru sebelum masuk ke kelas memberi materi pembelajara.  Hal ini barangkali  jarang dilakukan atau boleh dikatakan tidak ada di lakukan oleh sekolah-sekolah lain di  kota Medan ini baik di sekolah-sekolah umum maupun di madrasah lainnya. Briefing ini dilakukan sebelum jam pertama berlangsung, yaitu mulai jam 7.00. wib sampai jam 07.25, setiap pagi dari hari Selasa sampai dengan Sabtu, kecuali hari Senin, karena pada hari Senin melaksankan upacara penaikan bendera. Sedangkan anak-anak mulai belajar jam 07.30 wib ditandai dengan bel pertama. Selain guru-guru briefing ini wajib dihadiri oleh kepala MAN-1 Medan Dr. H. Burhanuddin,M.Pd dan para wakil kepala madrasah (WKM)  yang di sebut “Tim Work”. Para WKM tersebut terdiri dari WKM Tata usaha (TU) Sufrizal S.Sos,  WKM humas Drs. Hamdah, WKM Kesiswaan Drs.Sunariadi, WKM kurikulum Dra. Maisyarah Srg, M.Si, WKM sarana prasarana Dra.Dewi Afriyanti M.Pd, WKM litbang/BK Asrul Yaizham MBBA, dan WKM Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Dra. Basyariah.  Jadi minimal ada 39 orang yang berhadir pada briefing pagi itu.
Didalam briefing tersebut diisi oleh narasumber oleh kepala madrasah MAN-1 Medan, para WKM dan guru-guru secara bergantian yang sudah dijadwalkan yang disusun oleh PKM humas per dua bulan kedepan. Adapun materi briefing bebas diserahkan kepada narasumber, apakah masalah motivasi, masalah metode mengajar, masalah keaktifan anak didik, masalah nilai-nilai agama, masalah akhlaq, masalah disiplin dan sebagainya. Yang pasti sesuai arah bapak kepala MAN-1 Medan bahwa briefing ini ada  lima tujuan, yaitu: 1. Meningkatkan disiplin guru, 2. Meningkatkan motivasi dan semangat mengajar, 3. Menambah wawasan, 4. Meningkatkan silaturrahmi dan 5. Meningkatkan tiga ketertiban  guru , yaitu: tertib masuk kerja, tertib proses kerja dan tertib keluar kerja. Disamping itu juga lewat briefing ini para guru juga dapat saling berbagi informasi dan saling memberikan solusi dalam memecahkan segala permasalahan yang terjadi khususnya didalam proses pembelajaran, sebab setelah nara sumber memberikan materinya, maka Bapak kepala  memberikan kesempatan bagi guru-guru yang berkenan memberikan tanggapan, saran, atau masalah yg dihadapi.

Dan Alhamdulillah selama berlangsungnya briefing ini sudah kurang lebih lima tahun ternyata manfaatnya besar sekali dapat kita lihat, guru-guru tidak ada lagi yang terlambat atau meninggalkan kelas, melainkan semangat yang tinggi dalam memberikan materi pembelajaran, ini dapat dilihat dari catatan anak-anak selama dua bulan ini laporannya pada umumnya baik, ini disampaikan oleh kepala MAN-1 Medan pada saat rapat Dinas setiap hari kamis minggu keempat setiap bulannya. Kemudian setiap akhir briefing narasumber menutup dengan kata-kata “ Mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membacakan Basmallah” secara serentak guru-guru membaca “Bismillahirr Rohmaanir Rohiim.  Semoga Allah SWT memberkahi dan meridhoi karya dan kerja kita hari ini, Amiin. Demikian dikatakan oleh Drs. Hamdah, selaku PKM Humas MAN-1 Medan.