" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

MAN 1 MEDAN GELAR GEBYAR MUHARRAM 1435 H


Dalam penyambutan Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah. Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan menggelar acara yang diberi nama “Gebyar Muharram 1435 Hijriyah” ini diselenggarakan di sekolah tersebut, Jl. Willem Iskandar No. 7B, Medan pada tanggal 31 Oktober- 5 November 2013.  Acara ini diselenggarakan oleh Koordinator Bidang Kesenian OSIS MAN 1 Medan periode 2013-2014. Acara ini dirangkai dengan kegiatan 7 perlombaan , yakni Tilawah Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Cipta Puisi, Baca Puisi, Pidato Keagamaan, dan Musik Islami pada tanggal 31 Oktober-2 November 2013. Kuliah Umum oleh Kepala MAN1 Medan dilaksanakan pada hari senin pagi di halaman sekolah setelah upacara penaikan bendera,  pelatihan UKS MAN 1 Medan, dan sekaligus  penambahan 300 pot pohon hias melengkapi ratusan pohon angrek yang sudah dibudidayakan dalam rangka meningkatkan suasana green school MAN1 Medan, Sedangkan acara puncak tausiyah akbar oleh Bapak Ustaz Drs.H. Sudirman, sekaligus pembagian hadiah dilakukan pada tanggal 5 November 2013 di Hall MAN 1 Medan.
Lewat kuliah umum bapak Kepala MAN 1 Medan Dr. H. Burhanuddin M.Pd menyampaikan lima pesan moral: 1. Patuh/ taat kepada Allah dan Rasulnya, 2. Tinggalkan semua prilaku yang tidak bermanfaat, seperti membuang sampah sembarangan, bermain-main dalam belajar, mubazir dan sebagainya, 3. Mulailah hidup baru dengan rajin, serius, tanggung jawab, disiplin, sabar, kasih saying, damai, tenang, bersatu, jujur, hormati teman dsb, 4. Ingat mati, bahwa satu saat kita akan kembali, 5. Banyak berkarya.  Tahun lalu kita sudah banyak berbuat, dan melakukan yang terbaik untuk ita dan MAN 1, tapi  kedepan  harus lebih baik lagi. Namun anak-anakku perlu kalian cermati bahwa tantangan kita akan semakin berat, banyak yang akann menerkam kita, seperti tegnologi/ informasi, materialisasi, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya, ini semua tantangan kita, yang apabila kiat tidak mampu memfilternya maka kita akan jatuh dan dan terseret sehngga kamu akan gagal dalam mencapai cita-citamu. Demikian pidato beliau yang penuh semangat dan berapi-api.
Selanjutnya  Ustaz Drs. H. Sudirman mengatakan, lewat gebyar Muharram ini agar kalian tingkatkan tiga hal, yaitu : Tingkatkan imanan, ilmu dan amal. Orang yang berhiijrah adalah oarnag yang mampu meninggalkan duniia ini dari kejahatan. Kejahatan, dosa dan kemaksiatan. Tatkala iman kita kuat maka segala aktifitas kita kan baik dan memiliki nilai ibadah yang tinggii. Dan kita tidak akan di perdaya oleh syetan. Godaan kepada kalian akan semakin berat. Iman suatu proses yang akan mendorong anak untuk mempelajari agama Persoalah keimanan tidak ada hubungannya dengan pejabat, professor, dan sebagainya. Iman bisa  ada pada rakyat miskin, maka dia tetap bertaqwa, Maka keimanan mewarnai  seseorang itu terhadap sikap dan prilakunya, baik atau buruk.
Acara ini bertemakan ‘Melalui Tahun Baru Hijriyah kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan menuju perubahan yang lebih baik’.  Acara ini digelar agar siswa-siswi dapat memahami hakikat hijrah yang mendasari awal mula penanggalan Hijriyah. “Acara ini kami lakukan agar siswa-siswi MAN 1 Medan bersemangat dalam memaknai hijrah dimasa yang akan datang,” kata Muhammad Bagus Prabowo selaku Ketua Panitia Gebyar Muharram 1435 Hijriyah. Dikatakan bahwa acara seperti ini harus dimeriahkan, dan kita jangan kalah dengan perayaan tahun baru yang lain, seperti Masehi dan Imlek.  “Harapan kita kedepannya ada follow-up dari acara kita kali ini, agar seni Islami di MAN 1 Medan tidak hilang ditelan zaman dan dapat mengembalikan peradaban Islam yang telah hilang selama beberapa abad belakangan ini,” kata Mahathir Matondang selaku Ketua I OSIS MAN 1 Medan dalam sambutannya pada acara puncak Gebyar Muharram 1435 H (5/11). Acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses ditandai dengan antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini.
Acara gebyar Muharram ini dimeriahkan dengan hiburan pembacaan puisi, penampilan syarhil qur’an, lagu-lagu  religious, pembagian hadiah-hadiah untuk 7 perlombaan, dan ditutup dengan doa. (humas MAN 1 Medan)