" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

12 GURU PPG TELAH SELESAI PERAKTEK MENGAJAR DI MAN 1 MEDAN

Setelah lebih kurang 4 bulan 12 orang guru Pendidikan Profesi Guru (PPG) telah selesai melaksanakan peraktek mengajar di MAN 1 Medan. Ke 12 guru tersebut terdiri dari 4 orang guru fisika, yaitu: Mujibur Rahman (Aceh Selatan), Asil Aslan, ( Gayo Lues), Indah, (Padang Sidempuan), Harnoveni (Medan). 4 orang dari guru biologi, yaitu, Mita Widya, Nurvayani, Rafika, Yani. Dan 4 orang dari guru Bimbingan Konsling (BK), yaitu; Rahmi, Ikhsan, Icut, dan Safriati.
Sebelumnya mereka selama enam bulan telah mengikuti kuliah di UNIMED. Ini merupakan salah satu program terbaru dari pemerintah khususnya pihak UNIMED Medan. Jadi sebelum mereka mengikuti kuliah ini mereka sebelumnya mengikuti test, dan bagi yang lulus mereka harus bersedia ditempatkan didaerah terpencil. Setelah ke 12 orang tersebut dinyatakan lulus, maka mereka ditugaskan mengajar di Daerah Simeleu, Aceh. Selama lebih kurang satu tahun mereka bertugas di sana. Lantas mereka dipanggil untuk mengikuti kuliah, sebagai penghargaan yang diberikan pemerintah kepada mereka. Dan semua biaya kuliah, tempat tinggal dan sebagainya ditanggung oleh pemerintah. Disamping itu setelah mereka melakukan peraktek ini nantinya mereka akan melalui ulangan kompetensi (UK), jika diulangan ini mereka lulus maka mereka akan mendapatkan sertifikasi guru. Ini artinya jika mereka nanti bertugas di sekolah atau madrasah maka mereka berhak mendapat gaji dari pemerintah sama seperti guru-guru yang sudah sertifkasi.

Kepala MAN 1 Medan Dr. H. Burhanuddin, M.Pd dalam sambutanya pada acara perpisahan, Selasa, 3 Desember 2013 di ruang guru,  mengatakan beberapa hal, antara lain:
1.         Mengucapkan terimakasih yang sebesarnya, kepada para guru PPG yang sudah mengabdikan dirinya di MAN 1 ini. Dan mohon maaf atas segalah hal-hal yang kurang berkenan.
2.         Saya merasa bangga bahwa walaupun kalian baru disini sudah biasa beradaptasi, dan tidak malu-malu untuk berkejasama dan peduli terhadap segala apa yang berkaitan dengan kebaikan MAN1. Ini dapat saya lihat bahwa kalian ikut di brieving, bahkan ikut serta dalam pemberi materi brieving pagi. Dan juga kegatan-kegiatan lain seperti arisan, hari guru dan lain-lain.
3.         Disamping itu kalian lebih tinggi nilainya dibandingkan dari yang lain seperti siswa PPL, sebab kalian sudah dibiayai dan kalian akan diberikan sertifikasi guru, padahal baru bertugas satu tahun, sementara ada orang yang sudah mengajar 5 tahun sampai sekarang belum dipanggil untuk PLPG.
4.         Kepada adik-adik ku semua teruslah maju, jangan berhenti, dan MAN 1 tidak akan pernah berhenti untuk berkarya, melakukan yang terbaik, demi kemajuan madrasah kita, seperti pepatah, “ sekali layar terkembang surut kita berpantang”.
5.         Terakhir MAN 1 tetap membuka pintu untuk menerima masukan atau saran, masalah dan sebagainya demi kemajuan pendidikan kita.
Diasamping itu dosen pembimbingnya mengatakan lewat sambutannya, sangat bersyukur dan terimakasih atas kesedian MAN1 menerima anak-anak PPG ini, Apa yang mereka dapatkan di MAN 1 inii tidak ternilai kalau mau kita nilai. dan kami tidak bisa membalanya hanya kami serahkan kepada Allah SWT. Disamping itu mohon maaf jika ada anak-anak kami ini yang melakukan hal-hal yang tidak baik. Dan harapan kami kalau masih membutuhkan tenaga honor tolonglah anak-anak kami ini dapat dipekerjakan untuk menambah ilmu dan pengalaman merek.
Sebagai tanda ucapan terimakasih anak-anak PPG telah memberikan cendra mata berupa kompor gas kepada MAN1 Medan, yang diserahkan langsung perwakilan dari PPG dan diterima oleh Kepala MAN1 Medan, Dr. H. Burhanuddin, M.Pd. Dan sebelumnya juga pada acara perpisahan anak-anak PPL dari UMSU telah memberikan cendra mata berupa sebuah kulkas, PPL IAIN memberikan sebuah TV LCD yang sudah dimanfaatkan di ruangan guru.

Acara perpisahan ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh, kepala MAN1 Medan, dengan harapan semoga anak-anak yang PPG ini berhasil dan sukses apa yang kalian cita-citakan. Amin. (Drs. Hamdah, Humas MAN1).