" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

50 ORANG SISWA MAN 1 MEDAN MENGIKUTI PENYULUHAN NARKOBA

Sebanyak 50 orang siswa megikuti penyuluhan yang berkaitan tentang narkoba, selasa 19 Nopember 2013 mulai jam 09.00 Wib, di ruang Eksekutif MAN 1 Medan. Penyuluhan ini diselenggarakan  OLEH LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) IAIN-SU tahun 2013, dan  GAN Sumatera Utara, bekerja sama dengan Penanggung Jawab (Penjab) UKS MAN 1 Medan Ibu Dra. Nurafrida. Penyuluhan ini mengambil  tema: “Narkoba meracuni Kehidupan dan Menghancurkan Masa depan”.
Acara dimulai dengan pembacaan Ayat suci AlQuran, oleh, Farhan Muhammadi, (Putra dari Bapak Ustaz Fadlan Zainuddin Qori Internasional) Dan dilanjutkan dengan  bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara penyuluhan narkoba siswa MAN 1 Medan. Oleh, Bapak Drs.  PARLUHUTAN SIREGAR M.Ag, selaku ketua LEMBAGA PENLITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) IAIN-SU. Dalam arahannya, Beliau menegaskan bahwa semua jenis narkoba akan mengubah perasaan dan cara berfikir seseorang, dan pengaruhnya sangat berbahaya sekali yaitu gangguan pada system syaraf seperti kerusakan syaraf tepi, dan otak akan mengalami hyper stimulating (rangsangan yang berlebihan ) sehingga otak akan bekerja dengan sangat ekstrem dan kemudian mengecil dan rusak. Ini tentu sangat bencana bagi siswa, sebab yang dirusaknya adalah otak manusia, sementara otak adalah merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Dan prilaku banyak negative, seperti suka keluar rumah , berbohong, melawan bila dimarahi, tidak mau belajar, siang tidur saja, malam suka keluar rumah, bahkan tidak pulang, dan lain sebagainya, oleh karenanya, kepada anak-anak kami agar berhati-hatilah jangan sampai coba-coba, demikian kata beliau.

Selanjutnya bapak Drs. Zulkarnaen,MA selaku sekjend GAN Indonesia, memberikan sebagai nara sumber  memberikan materi, mengenai Bahaya  narkoba bagi kehidupan manusia. Bahwa tidak ada satu agama di dunia in yang membenarkan penyalahgunaan narkoba, dan kebijakan pemerintah, UU no.5 tahun 1997 Psikotropika, UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba,  Pernyataan Presiden RI tgl 12 Mei 2000, bahwa narkoba sudah menjadi bahaya nasional.
Penyuluhan ini dikikuti sebanyak 50 orang, yaitu perwakilan dari kelas masing-masing, kelas X dan kelas XI. Kepala MAN 1 Medan Dr. H, Burhanuddin, M.Pd, yang diwakili oleh WKM Kesiswaan Drs. Sunariadi, menegaskan: Adapun tujuan dari penyuluhan ini adalah merupakan suatu usaha mengantipasi, agar anak-anak kita terjaring terhadap penyalahgunaan narkoba, karena sekarang ini sasaran narkoba ini adalah para pelajar. Dan menurur beliau bahwa di Indonesia yang sudah terjangkit narkoba ini sudah mencapai 2,2 %. Disamping itu sebagai pengetahun, membekali diri, agar  anak-anak ini punya pengetahun dan dapat lebih mewaspadai mengenai proses tertularnya dalam pecandu atau mekonsumsi narkoba. Dan juga sebagai perwakilah diharapkan para peserta ini dpat menindak lanjuti  15 ribu orang meninggal pertahun akibat narkoba. Mengakibatkan kerugian Negara sebesar 48, 3 triliun.
 Mengapa remaja rentan menjadi penyalah gunaan narkoba?
Jawabanya adalah: Sebab remaja, mudah dipengauri orang lain,  rasa iingin tahu yang tinggi suka Ikut-ikutan teman, Solidaritas kelomok, Ingin menonjol dengan tampil berani, mencari sensasi dan tantangan, menghilangkan rasa bosan dan stress, keinginannya memberontak, sebab otak yang dirusak narkoba adalah; daya analisis, daya sintesa, daya analogi, logika berfikir, daya nalar, spatial 2&3 dimensi daya antisipasi dan daya memori.

                Olehkarenanya 4 kunci sukses remaja : 1. Rajin beribadah agar berakhlak mulia,2. Rajin belajar agar cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan, 3.Rajin berolahraga agar sehat, 4.Rajin berorganisasi dan berbaur dengan masyarakat agar kompak membangun bangsa.  (Drs. Hamdah ,Humas MAN1 Medan)