" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

7 SISWA MAN 1 MEDAN TERPILIH MEWAKILI SUMATERA UTARA AKAN MENGIKUTI FORUM PELAJAR INDONESIA KE-5 DI GRAHA REMAJA JAKARTA


           
Kali ini, siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan berhasil membawa kabar bahagia kembali. Mereka berhasil menjadi anggota Forum Pelajar Indonesia ke-5. Sebanyak 21 pelajar asal Sumatera Utara akan mengikuti Forum Pelajar Indonesia ke-5 yang akan dilaksanakan di Graha Remaja Jakarta pada tanggal 18 s/d 22 Desember 2013. Ada 4 sekolah yang akan menjadi delegasi Provinsi Sumatera Utara; MAN 1 Medan, SMAN Plus 1 Matauli Pandan, SMA Plus Shafiyyatul Amaliyyah, dan MAN 2 Tanjung Pura. Dari MAN 1 Medan yang dicalonkan sebagai anggota yang dinyatakan lulus sebanyak 7 orang. Jumlah ini yang terbanyak dibandingkan dengan ketiga sekolah yang tersebut di atas. Ke 7 orang tersebut adalah, Ichsan Andi Lubis, Abbas Riva’i Dalimunthe, Rifa Fadhilah Munifah Hasibuan, Neni May Aida Lubis, Achmad Monang Lubis, M. Fachriza, dan Suciana Putri. Sebelumnya, mereka harus berkompetisi dengan seluruh pelajar di Indonesia dan akan diambil sebanyak 270 pelajar. Mereka diharuskan membuat video berdurasi selama 30 detik yang mengungkapkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap Indonesia. Selain diharuskan membuat video, mereka wajib menjawab beberapa pertanyaan di saat pengisian formulir secara online.

Kali ini, tema yang diangkat adalah “Ayo Kreatif Demi Indonesia”. Forum Pelajar Indonesia adalah kegiatan berskala nasional yang bergerak mulai dari tahun 2009 yang menyediakan ruang seluas-luasnya bagi pelajar tingkat SMA, SMK, ataupun MA untuk berkreasi dan berinovasi menyampaikan ide dan gagasan mereka baik kepada Masyarakat, Pemerintah ataupun kepada Pelaku Bisnis. Forum ini diprakarsai oleh “Indonesia Student And Youth Forum (ISYF)” yang peduli terhadap apresiasi pelajar. Selama empat tahun penyelenggaraan, Forum Pelajar Indonesia telah memberikan dampak yang positif kepada seluruh pelajar di Indonesia dan juga kepada stakeholder. Saat ini sudah ada sekitar 1200 pelajar yang tersebar di 27 provinsi menjadi anggota dari Forum Pelajar Indonesia. Selain itu kegiatan ini telah membangun kemitraan strategis dengan berbagai lembaga pemerintahan, BUMN, swasta, perusahaan, media dan komunitas masyarakat sipil. Forum Pelajar Indonesia juga merupakan media yang strategis untuk membangun jaringan diantara pelajar Indonesia, karena ada 300 pelajar yang akan berpartisipasi dari berbagai latar belakang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Bentuk kegiatan Forum pelajar Indonesia ke-5 adalah Dialog Pelajar dengan (Wakil Presiden, Pimpinan DPR, Menteri, Tokoh Nasional dll), Workshop Keterampilan, Kunjungan (perusahaan, lembaga negara, museum, dll), sosialisasi topik-topik gerakan (Bundaran HI, media nasional dan lokal, dll), Penanaman Pohon, Bakti Sosial, Diskusi Kelompok, Working Group, Pentas Budaya Nusantara, dan lain-lain. (Drs. Hamdah Syarif. Wkm Humas)