" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

DAKWAH WISATA MAN 1 MEDAN

Hari Rabu, 25 Desember adalah hari libur umum, mungkin bagi sekolah-sekolah  pada hari ini berhenti kegiatan aktifitas, tapi tidak di MAN 1, para siswa siswi mengisi  hari liburan ini dengan mengadakan suatu kegiatan yang diberi nama “Dakwah Wisata”.
Kegiatan dakwah wisata ini merupakan salah satu program dari Korbid Dakwah OSIS MAN 1 Medan sebagai wadah untuk membentuk generasi penerus Islam yang ber iman dan siap menghadapi segala tantangan zaman. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari hari  Rabu sampai dengan Sabtu, 25-28 Desember 2013. Dengan lokasi dakwah adalah PTP II, Bumi Perkemahan Sibolangit.
Menurut Andre Tri Wicaksono selaku ketua panitia lewat wawancara dengan Drs. Hamdah Syarif selaku WKM Humas MAN 1 Medan,  mengatakan  kegitan ini mengambil tema: “ Dakwah Wisata Berbagi Rasa, Menyatukan Langkah, Dan Melahirkan Karya Nyata”.  Landasan kegiatan ini adalah Q.S. Ar-Rum; 41
  
Artinya :” Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.
Lalu apa tujuan kegiatan ini ?
Kegiatan ini bertujuan, Mencari ridha Allah SWT, Lebih mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT., Mempererat jalinan Ukhuah Islamiyah, Mempelajari nikmat Allah berupa alam bebas, dan membuktikan Indahnya kebersamaan dalam suasana senang maupun susah. Kemudian konsep acara pada kegiatan ini adalah: 1. Peserta akan mendengarkan materi dari pemateri yang diundang, 2. Peserta akan mengembangkan kemampuan dalam berbagai kegiatan, 3. Peserta akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan, dan 4. Peserta akan bereksplorasi dialam bebas.
           
Acara Dakwah Wisata ini dibuka dan dilepas oleh Wakil Kepala Madrasah (WKM) bidang Humas, Bapak Drs. Hamdah Syarif, di halamn MAN 1 Medan, Rabu, 25 Desember 2013, pada jam 09.30 WIB. Pada kesempatan itu Bapak Kepala Madarasah MAN 1 Medan yang diwakili oleh WKM Humas, menyampaikan sambutannya, yaitu :
1.      Kepala Madrasah menyambut baik dan afresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini, walaupun sekolah-sekolah lain dalam keadaan libur tetapi kalian tetap berkreasi dan berkarya. Dan itu ciri orang yang maju, selalu menggunakan kesempatan dan mengisi waktu tidak menyia-nyiakan waktu terbuang percuma.
2.      Pasang niat yang benar bahwa kegiatan ini adalah dakwah, dan dakwah adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Islam, siapa yang melakukan itu dengan ikhlas maka ia akan mendapat pahala yang besar. Dan Jangan menyimpang atau mencari kesempatan untuk berbuat yang dilarang oleh agama, maka dia akan mendapat dosa, dan bencana. Ingat itu ya anak-anak ku sekalian.
3.      Jaga nama baik almamater, madrasah dalah sekolah agama, bernuansa religious maka kalian dimanapun berada harus menjadi contoh tauladan bagi yang lainnya. Dan ketahuilah bahwa contoh yang baik itu juga merupakan dakwah, yaitu dakwah bil-hal. Ingat motto kita MAN 1, “ Jadilah penebar kebaikan Dan pewaris kebajikan”.
4.      Jangan tinggalkan sholat dan selalu tetap membaca Al-Qur’an setiap ada kesempatan. Karena kita komet terhadap “6 G”, Gencar Gerakan membaca Al-Qur’an, Gempar Gerakan menghafal Al-Qur’an, Getar Gerakan mengerti Al-Qur’an, Gemar Gerakan memahami Al-Qur’an, Gelar Gerakan berprilaku Al-Qur’an, dan Gelisar Gerakan menulis Al-Qur’an.( Drs. Hamdah Syarif -Humasy MAN 1 Medan).