" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

MGMP MAN 1 MEDAN DIBUKA OLEH KAKANMENAG SUMATERA UTARA

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MAN 1 Medan yang berlangsung pada hari Sabtu, 7 Desember 2013 berlangsung cukup special, sebab rapat ini dibuuka  oleh bapak Kepala Kementrian agama Wilayah Sumatera utara, Bapak Drs. H. Abdul Rahim M.Hum, serta turut hadir Kabid Mapenda Kementrian Agama Wilayah Sumatera Utara Bapak Drs. Tohar Banyuangin, M.Ag, Pengawas MAN 1 Medan Dra, Yuliana Dalimunte, MA. Dan mengundang dua nara sumber, yaitu Bapak Drs. Jamal Husein Harahap, dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan,dengan materi mengenai Pemberlakuan Kurikulum 2013, Penelitian Autentik, Pendekatan Scientifik Silabus. Kemudian narasumber yang kedua adalah Bapak Drs. Halomoan Lubis,M.Pd, dari Widiyasuara Balai Diklat Keagamaan Medan,  dengan  materi Implementasi Kurikulum 2013 PPR Analisis Keterkaitan SKI, Ki AN dan KD. 
Kepala Madrasah MAN1 Meadan Dr. H. Burhanuddin, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan sangat senang dan bergembira pada acara ini denga hadirnya KaKamenag SU, dan pengawas yang selalu terjun ke kelas-kelas dalam membantu guru pada proses KBM. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa ciri pendidikan yang sukses dan maju itu adalah selalu berkerjasama dan membentuk Tim atau kelompo-kelompok. Seluruh guru pada prinsipnya pasti mengalami problema didalam menjalankan tugasnya, dan salah satu solusi  problema itu adalah dengan jalan MGMP. Harapan beliau : Kedepan Madrasah  kita semakin baik dan maju, sebuah lembaga pengawal moral bangsa,  lebih banyak lagi mengukir karya.  Peserta yang mengikuti rapat MGMP tidak hanya guru-guru MAN 1 tetapi juga guru-guru se Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN1 Medan, seperti Madrasah Alkautsar, Madrasah Laboratorium IAIN Medan, Madrasah Ajiddin, Madrasah Alwasliyah P. Brayan, Madrasah Asyiah, Madrasah Ismailiyah, dan Madrasah Raudatul Hasanah.

Salah satu untuk meningkatkan kreativitas, wawasan keilmuan para guru adalah Musawarah guru mata pelajaran. Guru –guru MAN 1 selalu aktif melaksanakan MGMP setiap bulannya, dan itu terjadwal, yaitu setiap hari senin minggu ke II setiap bulannya. Namun pada bulan ini karena berkaitan dengan akhir semester maka rapat MGMP dilaksanakan pada hari sabtu 7. Desember 2013.  Acara MGMP di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Oleh Drs. Heri Lombong, M.Pd. dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala MAN 1 Medan.
Pada kesempatan itu Bapak Drs. H. Abdurrahim M.Hum menyampaikan, bahwa kita kementrian agama telah menyambut baik harapan pemerintah terhadap Madrasah agar meninggkatkan kualitas pendidikan, baik sarana prasarannya, guru-gurunya dan anak didiknya. Dikatakan beliau dari 57 triliun dana anggaran kementrian agama, 90 % di alokasikan untuk pendidikan. Ini artinyya bahwa kita berusaha keras agar pendidikan kita madrasah ini mampu memenuhi harapan pemerintah untuk menjadikan madrasah ini menjadi suatu pendidikan yang mampu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat. Dan dapat mendidik anak-anak bangsa yang beriman, berilmu pengetahuan dan bertaqwa, jujur, memiliki karakter baik, serta bermoralitas yang tinggi. Untuk itu para guru harus selalu meninggkatkan kreatifitasnya, memperluas wawasan, menambah ilmu dengan cara banyak membaca dan bermusaywarah seperti pada saat sekarang ini. Beliau berharap:
1.      Bagaimana Madrasah ini menjadi penting dan sangat dirindukan oleh  Masyarakat, sehingga jika madrasah tidak ada masyarakat merasa kehilangan dan itu akan menimbulakan bencana yang besar bagi kelangsungan pembangunan Negara kita.
2.      Kepada para guru agar rajin menambah wawasan, tingkatkan disiplin, jadilah guru profesional, sabar dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Inilah guru yang berkwalitas.
3.      Kita sambut baik program pemerintah mengenai sosialisasi kurikulum 2013 ini, semoga ini merupakan angin segar bagi kita khususnya bagi madrasah dalam upaya meningkatkan kwalitas pendidikan kita, sehingga ke depan madrasah menjadi pendidikan yang sangat diperhitungkan, dan saya yakin untuk MAN1 akan terus maju karena di kepalai oleh seorang Doktor tegnologi pendidikan.
Pesan saya :
-          Kepada para guru beralihlah pemikiran dari tradisional kepada modern, maksudnya kalau terima gaji jangan yang dipikirkan beli pakaian, makanan, perhiasan dan sebagainya tetapi cobalah berfikir maju, meningkatkan ilmu, wawasan apakah membeli buuku dan sebagainya.
-          Kepada guru agar memilki integritas yang tinggi, artinya sesuaikan antara kata dan perbuatan. Jadilah guru yang professional, kreatif, inovatif dan disenangi anak didiknya.

Terakhir beliau menyampaikan, semoga kegiatan ini terus berlanjut, “hari ini harus lebih baik dari hari kemaren dan hari esok agar lebih baik dari hari ini, agar kita menjadi orang yang beruntung”. Demikian arahan Bapak KaKanmenag Sumatera Utara sekaligur Membuka acara MGMP MAN 1 Medan yang dapat penulis uraikan, Wslm, Hamdah Syarif (WKM Humas).