" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

SISWA MAN 1 MEDAN JUARA I NASIONAL ESSAY

Lagi-lagi MAN 1 Medan berhasil meraih prestasi gemilang di taraf nasional. Salah satu siswa  MAN 1 Medan, Ichsan Andi Lubis, kelas XII Unggulan 2. telah berhasil menjuarai Nasional Essay Competition dalam acara “IPB Business Festival” yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) yang didukung penuh oleh Kementrian Koperasi dan UKM RI.
Semakin kompetennya persaingan dunia pendidikan, maka semakin lihai pula setiap sekolah mempersiapkan peserta didiknya dengan berbagai tunjangan prestasi. Hal ini juga dilakukan oleh salah satu sekolah terfavorit di Provinsi Sumatera Utara, yaitu Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan (MAN 1 Medan).
Institut Pertanian Bogor mengadakan acara “IPB Business Festival 2013” atau disingkat dengan IBF 2013. IPB Business Festival dianggap sebagai event terbesar dalam program koordinasi antara BEM KM IPB dan UKM Century (Center of Entrepreneurship Development For Youth). IBF 2013 adalah event terbesar di Indonesia. Rangkaian event IBF 2013 dengan tagline “Semangat Membangun Negeri” ini berlangsung pada 14-17 November 2013.
Terdapat 3 mata lomba yang diselenggarakan, yaitu Business Model Competition untuk kategori mahasiswa, Essay Competition untuk kategori siswa SMA sederajatdan Business Simulation Challenge untuk siswa SMA sederajat dan mahasiswa. Essay Competition yang bertema “Membangun Pertanian Indonesia dengan Semangat Kewirausahaan” telah diikuti oleh ratusan siswa/i dari seluruh Indonesia. Dari ratusan siswa/i, diambilah sebanyak 15 peserta terbaik yang dinyatakan sebagai finalis. Nilai dari karya para finalis ini akan diakumulatifkan secara total untuk diambil sang juara. Dan sungguh luar biasa, Ichsan Andi Lubis diumumkan menang sebagai Juara 1 Essay Competition pada acara puncak “Temu Nasional Wirausaha Muda Indonesia” 17 November 2013 di Graha Widya Wisuda IPB, Bogor. Sementara pihak pemerintah diwakili oleh Dr. Ir. Abdul Kadir Damanik dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM, sebagai keynote speaker memberikan apresiasi terhadap Ichsan Andi Lubis karena telah berhasil menjadi juara pertama. Sebelumnya, Ichsan sendiri sempat merasa pesimis karena ia terlalu terburu-buru dalam mengerjakan essainya. Namun, berkat doa dan dukungan dari Bapak Kepala MAN1 Medan Bapak Dr. H. Burhanuddin, M.Pd dan orang tua, Ichsan pun berhasil dinyatakan sebagai sang juara pertama.

Lalu, bagaimana perasaanmu setelah mendapat juara ini, Tanya Hamdah selaku humas kepada Ichsan, dia menjawab: “Jauh saya berkelana kemari, jauh pula ilmu yang sudah saya dapatkan. Ini adalah keberhasilan luar biasa yang pernah saya dapatkan. Alhamdulilah sekali, saya sangat terharu karena berhasil menjadi juara 1 nasional. Ini adalah pertama kalinya saya berhasil menyandang juara pertama. Berkat kerja keras, doa, dan dukungan keluarga, para sahabat dan guru-guru sekalian saya bisa menang. Selain mendapatkan kemenangan, tentunya yang terpenting saya bisa mendapatkan wawasan yang luas, memperbanyak teman dan pengalaman, serta menguatkan motivasi. Di kedepan harinya, saya sangat berharap agar teman-teman sekalian bisa menjadi pemenang nasional di kompetisi selanjutnya. Dan semoga dengan ini, cita-cita saya untuk menjadi seorang penulis bisa terwujud, amin!,” ucap Ichsan dengan gembira sambil menegakkan piala kebanggannya. Kemenangan ini adalah kemenangan yang kedua kalinya di taraf nasional bagi Ichsan sendiri karena sebelumnya ia telah berhasil menjadi Juara 2 Nasional dalam Lomba Essai “Agroindustrial Fair 2013” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri FATETA IPB di Gedung Andi Hakim Nasution pada 6 Oktober yang lalu.
Setelah seminar (17/11), acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Business Model Competition, Essay Competition, dan Business Simulation Challenge. Juara pertama Business Model Competition diraih oleh Collar Bear dari Universitas Gajah Mada (UGM), sementara Essay Competition dimenangkan oleh Ichsan Andi Lubis dari MAN 1 Medan dengan judul essai “Bersama Semangat Nasional, Bangkitkan Pertanian Internasional”. Adapun untuk Business Simulation Challenge, juara pertamanya adalah Bagas Prakasa yang juga dari UGM.
Para juara National Essay Competition adalah Juara 1 diraih oleh Ichsan Andi Lubis dari MAN 1 Medan, Juara 2 diraih oleh Ummul Qisthi dari SMA Taruna Nusantara Terpadu Bogor, Juara 3 diraih oleh M. Ali Mahfuddin dari SMAN 1 Tuban, dan Juara Harapan 1 diraih oleh Siti Muzaimul Mamnuah dari SMAN 1 Tuban. Demikian, Wassalam, Drs. Hamdah Syarif (WKM. Humas MAN1 Medan)