" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

HARI PERTAMA SEMESTER 2 SELURUH SISWA DAN GURU MAN 1 MEDAN MENGIKUTI KULIAH UMUM

Hari senin tanggal 6 Januari 2014 merupakan hari pertama masuk kegiatan belajaar Mengajar semester 2 di MAN 1 Medan. Pada hari pertama ini di isi dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. H. Burhanuddin, M.Pd. selaku Kepala MAN 1 Meadan. Acara ini unik, dan mungkin tidak ada sekolah yyang melaksanakan seperti ini. Acara kuliah umum ini dilaksanakan pagi hari mulai jam 07.30 wib sampai jam 09.00 wib. Di halaman MAN 1 Medan.  Dan di ikuti seluruh siswa dan guru-guru.  Sebelumnya humas MAN 1 Medan Drs. Hamdah Syarif menghubungi seluruh guru, bahwa hari Senin akan diadakan kuliah umum, untuk itu seluruh guru jam 07.15 sidah hadir di MAN 1.  Alhamdulillah 95 % guru hadir pada acara tersebut.
Di hadapat sekitar 1200 siswa dan 65 guru,  Bapak kepala MAN 1 memberikan kuliah umumnya, yang disambut dengan antusias dan semangat oleh para siswa dan guru. Dalam amanatnya beliau memberikan lima resep agar kita semua akan sukses dan bahagia:
1.  Taati Allah dan Rasulnya, jangan tinggalkan sholat, hormati orang tua.
2. Tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti malas-malasan, ngobrol yang tak berguna, tidak mengerjakan tugas PR, ugal-ugalan dan ngebut-ngebutan dijalan raya, merokok, dan sebagainya.
3.   Jadikan setiap saat hidup mu bermakna, hidup hanya sekali, dan sebentar, kalian masih terbayang waktu SD atau MIN tau-tau sudah SMP atau tsanawiyah.  Masih terbayang kalian waktu SMP atau Tsanawiyah tau-tau sekarang sudah Aliyah. Baru saja rasanya kalian masuk ke Aliyah kelas X tau-tau sekarang sudah kelas XII, sebentar lagi sudah mau tamat. Bapak masih terbayang  dulu waktu anak-anak,  tau-tau sekarang sudah punya anak. Yah begitulah hidup ini “tau-tau”, sebentar sekali. Oleh karenanya manfaatkanlah waktumu, jadikan setiap detik hidupmu memiliki nilai dan berharga.
4.   Ingat suatu ketika kita akan mati.  Dan kematian tidak akan bisa kita elakkan. Kemana mau lari?. Dimana, dan pada saat apa malakul maut selalu mengintai kita. Dan dia tidak pernah bilang dulu. Sekarang kita berada di januari 2014, artinya selamat tinggal 2013, dia tidak akan pernah kemabi lagi, ia hanya bisa jadi kenangan. Dan berarti umur kita setahun bertambah, tetapi sadarlah bahwa kematian setahun pula mendekat. Kematian bukan menutup segala persoalan , tetapi justru membuka lembaran baru dan panjang.
5.  
Banyaklah berkarya. Sebagaimana uraian di poin ke tiga di atas, bahwa hidup hanya sekali, karenanya banyaklah berbuat dan berkarya. Ada orang yang umurnya sampai seratus tahun lebih, tetapi begitu meninggal, bary beberapa hari tamat riwayatnya, namanya tak pernah dikenang  dan disebut orang lagi, mati bersama jasadnya. Tetapi ada orang yang umurnya hanya 63 tahun dan sudah meninggal ratusan tahun namun namanya tetap hidup dekenang orang, ditulis dengan tinta emas, bahkan setiap saat disebut namanya oleh jutaan umat manusia. Itu semua buah dari jasa dan karyanya.  Oleh karenanya wahai saudaraku dan anak-anakku berkaryalah walaupun sekecil apapun. Ada pepatah Arab demikian:
ما فت من عمرك لاعوض له وما حسل لك منه لا قمت له
Artinya: “Umur yang dilewati tak akan pernah kembali lagi, dan karya yang kau buat sekecil apapun tak ternilai harganya”.
           Dan kepada para Bapak dan Ibu guru disini saya himbau berkaryalah, buatlah metode pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan, sehingga disenangi, diminati dan dirindukan oleh anak didik. Dan tidak jamannyya lagi hari ini menakut-nakuti anak, kejam, marah-marah, mengancam, mengatakan “bodoh”, dan sebagainya, spontanitas disambut tepukan meriah dari anak didik. Tapi ingat kepada anak-anakku sayang: jangan sekali-kali melawan gurumu, tidak sopan, tidak hormat, tidak mengucapkan salam dan sebagainya. Apa bila ini kalian lakukan maka kalian akan sengsara dan tidak akan sukses.

            Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang olympiade.  Dan acara kuliah umum ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Amin.  (Humas MAN 1 Medan).