" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

MAN1 MEDAN WAKILI SUMUT IKUTI FORUM PELAJAR INDONESIA 5

         
 
Tercatat 22 provinsi telah mengikuti acara FORUM PELAJAR INDONESIA ke-5 (FOR5) yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 18 s/d 22 Desember 2013. FOR5 diikuti oleh seluruh pelajar SMA, SMK  dan MA sederajat perwakilan dari masing-masing provinsi.

          Pelajar yang merupakan perwakilan dari  masing-masing provinsi telah melalui proses seleksi yang cukup ketat dengan membuat dan mengupload video berdurasi selama 30 detik yang mengungkapkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap Bangsa Indonesia dengan tema sentral tahun ini “Ayo Kreatif Demi Indonesia”  Selain itu mereka juga diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan panitia yang berkaitan dengan motivasi keikutsertaan calon peserta di saat pengisian formulir secara online.

          Dari Sumatera Utara sendiri ada 21 orang yang berangkat untuk mengikuti FOR5 kali ini, Ada 4 sekolah yang akan menjadi delegasi Provinsi Sumatera Utara: MAN 1 Medan, SMAN 1 Plus 1 Matauli Pandan, SMA Plus Shafiyyatul Amaliyyah,dan MAN 2 Tanjung Pura. Dari MAN 1 Sendiri terpilih 7 orang yang mengikuti FOR5 ini yaitu Ichsan Andi Lubis, Abbas Riva’i Dalimunthe, Rifa Fadhilah Munifah Hasibuan, Neni May Aida Lubis, Achmad Monang Lubis, M. Fachriza, dan Suciana Putriq

          Forum Pelajar Indonesia pada awalnya dibentuk atas inisiatif “Indonesia Student And Youth Forum (ISYF)” yaitu salah satu organisasi pelajar dan mahasiswa yang ada di Indonesia yang concern terhadap inovasi dan kreasi yang dilakukan baik pelajar maupun mahasiswa.

          Forum ini didirikan sejak tahun 2009 dengan tujuan untuk memfasilitasi pelajar seluruh Indonesia untuk menyampaikan ide dan gagasannya dalam berbagai bentuk inovasi baik kepada Masyarakat, Pengusaha, maupun Pemerintah.

          FOR5 telah melakukan berbagai kunjungan ke berbagai tempat seperti Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Auditorium Graha Wisata Ragunan, Monumen Nasional (Monas), Dapur Sunda Resto, Allianz Tower, Gedung Jamsostek, PT. Coca-Cola Amatil, PT. Microsoft Indonesia, @america Pasific Place (Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia), dan juga  Blok M Plaza.

  Talkshow interaktif dengan beberapa tokoh nasional diantaranya Hary Waluyo Sekjen Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Dahlan Iskan Menteri BUMN, Agus Supriadi Direktur Keuangan Jamsostek, Sudibyo Alimoeso Ketua BKKbN, Syarif Hasan Menteri Koperasi dan UKM, Ed Dunn  perwakilan duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Iskandar Abubakar Ketua Global Road Safety Partnersip, Jumhur Hidayat Ketua BP2TKI, Sahar L Hasan Wakil Ketua Umum PBB, Hanung Bramantyo sutradara film SOEKARNO, Aburizal Bakrie, Luhut Panjaitan Jenderal TNI Purn, dan beberapa tokoh lainnya.

Serta kegiatan “Festival Seni Pelajar Nusantara”, yang meliputi penampilan seni daerah dan pagelaran makanan khas daerah dari seluruh provinsi yang berpartisipasi.

Dan juga kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema  Merah Putih Gaya Gue (MPGG) kegiatan ini berlangsung dengan berdiskusi dan merumuskan masalah-masalah yang terjadi di provinsinya masing-masing dan membuat aksi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Seluruh kegiatan ini adalah sebagai bentuk dari implementasi pola kemitraan strategis dengan berbagai lembaga pemerintahan, BUMN, swasta, perusahaan, media dan komunitas masyarakat sipil.

Penulis:Rifa Fadhilah Munifah Hasibuan (Delegasi Sumatera Utara, MAN 1 Medan)