" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PERINGATAN MAULID NABI DI MAN 1 MEDAN DENGAN TAUSIAH 3 USTAZ

MAN 1 Medan  memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw. pada hari selasa, 14 januari 2014. Acara peringatan Maulid pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Peringatan  Maulid Nabi, dilaksanakan dengan mengundang 3 ustaz, dan dihadiri oleh seluruh siswa, guru dan pegawai MAN-1 Medan.  
Untuk kelas X, dilaksanakan di halaman Pentas Kreasi  MAN 1 Medan,  dengan Ustadz, Bapak H.Hasbi Mawardi, S.Ag,Lc,  Pembawa acara Rizka Nurlina, kelas XI Ilmu Agama, Qori; Mhd.    Farhan Muhammadi, Kelas X-9, dan sari tilawah; Alfi Alda Yaumi, Kelas X-5. 
Untuk Kelas XI dilaksanakan di Hall MAN 1 Medan, dengan Ustadz; Drs.H.Syahrinal Azhar Lubis,MA,  sebagai pembawa acara, Ratindi Azlima, kelas XI IPS-1, Qori; M. Irsyad Azhari kelas XI Ilmu Agama, dan saritilawah Syajidah Salmi kelas XI IPS-1. Sedangkan untuk kelas XII dilaksanakan di depan Lobi MAN 1 Medan, dengn Ustaz; Drs. H. Sutan Syahrir, MA,  pembawa acara; Aulia Amsari kelas XII IPA-3, Qoriah; Rahmiyatul Mawaddah, kelas XII IPA-3, dengan saritilawahnya; Fatinah Mastura, kelas XII IPA-6.
Acara peringatan Maulid Nabi ini dilaksanakan secara serentak mulai pukul 08.00 Wib. Dan diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, oleh qori dan qori,ah yang sudah ditetapkan oleh panitia.  Di arena masing-masing.
Dalam kesempatan ini kepala MAN-1 Medan mengatakan lewat sambutannya, bahwa maksud acara ini dilaksanakan dibagi tiga adalah agar supaya lebih focus dan hikmat. Selanjutnya kepada anak-anakku kalau kalin tetap mencontoh dan melaksanakan ajaran Nabi Muhammad pasti kalian akan bahagia dunia dan akhirat dan masuk sorga. Maka dari itu contoh dan laksanakanlah apa yang dibawa oleh Nabi kita, karena kalian bakal jadi pemimpin dan Ingatlah wahai anakku 6 Hal: 1) Jangan tinggalkan Sholat, 2) rajin membaca Al-Qur,an, 3) berbuat baik kepada orang tua, 4) bergaul dengan orang-orang baik, 5) Kawinlah segera dengan ilmu pengetahuan, dan ke 6) manfaatkanlah waktu yang diberikan Allah swt.
Sedangkan lewat tausiyahnya Bapak Ustaz Hasbi Mawardi menyampaikan, bahwa: Kunci kesuksesan nabi Muhammad adalah 7 T; Tenang, Terencana, Terampil, Tertib, Tekun, Tawadlu, dan Tegar.
Bapak Ustaz Syahrinal Azhar Lubis, menyampaikan mengenai Hikmah melaksanakan Maulid Nabi, yaitu: Meningkatkan Produktifitas, Meningkatkan semangat belajar, Meningkatkan kesehatan lebih baik, Meningkatkan bermoral baik, melahirkan semangat berkomunikasi terpuji, dan melahirkan spirit berjuang. Dan 5 karakter Ummat Muhammad saw. Yaitu: Tegas kepada orang kafir, saling berkasih sayang sesama Islam, taat beribadah, mencari keridaan dan karunia Allah swt, dan mencintai sholat. Dan Bapak Ustaz  Sutan Syahril menyampaikan tausiahnya, mengenai: Uswatun hasanah yang perlu kita contoh adalah; 1)  Asasiah, sifat yang sangat mendasar adalah As Sidqu Mutlak yakni sifat siddik (benar) yang tak pernah hilang dari dirinya, Al-Ittizam, yakni punya komitmen yang sempurna, At tabligul Kamil, yakni pendakwah yang unggul, dan Al Aqulul, memiliki akal yang luar biasa. 2) Empat Uswa Nabi; yaitu, pribadi laki-laki yang prima,  suami dan ayah yang diidolakan, muallim murabbi yakni guru dan pendidik yang sukses, dan rijalul daulah yakni pemimpin yang dirindukan.
                Pada acara peringatan tersebut absensi berjalan. Bagi siswa yang tidak hadir pada acara peringatan tersebut, maka mereka harus melaksanakan acara peringatan tersendiri pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014, di halaman MAN 1 Medan.
                Demikian, acara ditutup dengan do’a bersama, selanjutnya acara peringatan Maulid nabi Muhammad saw. Diakhiri dengan sarapan bersama dengan  kepala MAN 1, para Ustaz, para WKM, penjab, para guru dan siswa siswi. ( Drs.  Hamdah Syarif /WKM Humas MAN 1 Medan).