" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

KHATAMAN AKBAR DAN DOA BERSAMA MENGHADAPI UN MAN 1 MEDAN BERLANGSUNG HIKMAT

       Selain kesiapan jasmani, intlektual siswa MAN 1 Medan dalam Ujian Nasional tahuan ini,  yang tidak kalah pentingnya juga kesiapan rohani. Kebijakan inilah  kiranya maka MAN 1 Medan pada hari Selasa tanggal 8 April telah menggelar suatu acara yaitu; “KHATAMAN AKBAR DAN DOA BERSAMA MENGHADAPI UN ”. Acara ini bertempat di Hall MAN 1 Medan, dan dihadiri oleh para orang tua siswa kelas XII, para wali kelas, guru/ pegawai MAN 1 Medan, ketua komite, Dr. H. M. Yusuf Harahap, M.Si, Pengawas Dra. Yuliana Dalimunte, MA, dan Ustaz Drs.H.Sutan Syahrir,MA yang akan memberikan siraman rohani kepada siswa/siswi.
         Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, serta memohon agar pelaksanaan UN tahun ini berjalan dengan lancar, tidak ada kendala hal-hal yang berarti. Disamping itu memberikan semangat dan dukungan moral/ spiritual kepada siswa/i agar mereka dapat menjalani UN ini dengan penuh percaya diri dan senantiasa tetap berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
   Kegiatan ini diawali dengan pembukaan pembacaan ayat suci Alqur’an, oleh siswi Rahmi Mawaddah, kelas XII IPA-3 MAN 1 Medan (Qori’ah terbaik di MAN 1 Medan yang sudah banyak menjuarai MTQ Nasional), Kemudian Khataman Alqur’an, Tausiyah oleh Ustaz Drs. H. Sutan Syahrir, MA, sekaligus memimpin do’a bersama.
                Pada kesempatan itu Dr. H. M. Yusuf Harahap, M.Si, selaku Ketua Komite mewakili orang tua menyampaikan sambutannya: Mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada para guru yang selama 3 tahun mendidik anak-anak kita ini. "Untuk UN saya yakin kalian lulus 100 %. Namun yang lebih penting persiapkan kalian untuk ke Perguruan Tinggi, sebab sebentar lagi anak-anakku akan kuliah dan kalian tidak disebut lagi siswa melainkan Mahasiswa, jadi sudah menjadi Maha. Mahasiswa akan  berfikir secara rasional, Irrasional dan Supra rasional. Berfikir akal, berfikir Iman dan berfikir dengan kebesaran Allah."Lebih lanjut disampaikan beliau :
 "Maka jadi apapun anak-anakku kalian mesti berfikir dengan tiga pola ini. dan beliau mengatakan bersyukur, bahwa selama beliau menjadi ketua komite kita berhasil mengumpulkan dana untuk kemajuan MAN 1 ini berjumlah lebih kurang 15 miliar. Ini keberhasilan kita semua, dan harapan kita sem0ga Man 1 lebih maju dan lebih Berjaya". Sementara Bapak Kepala MAN 1 Medan, H. Ali Masran Daulay, S.Pd, MA. Selaku kepala yang baru di MAN 1 ini menyampaikan; bersyukur kepada Allah swt, atas apa yang kita peroleh dan kemajuan MAN 1 Medan, selanjutnya terimaksih yang sebesarnya kepada Komite Madrasah/ orang tua siswa atas peran aktifnya dalam memajukan  MAN 1 Medan ini. "Dan semoga anak-anakku yang 380 orang yang akan mengikuti UN tahun ini lulus 100 %. Dan Bapak mengharap agar kalian bisa mengembangkan diri, sukses dan mengangkat nama baik orang tua dan nama baik MAN 1 Medan, Amin."
                Sementara Ustaz Drs. H. Sutan Syahrir, MA  lewat tausyiyahnya menyampaikan, berangkat dari QS. As-Shoffat, 100, 101 dan QS,  Ali Imran; 33, bahwa keberhasilan dan kesuksesan Nabi Ibrahim dari para Nabi-Nabi yang lainnya, sehingga beliau di gelar Abul Anbiya (Bapak Para Nabi), ialah karena beliau adalah banyak ber do’a. "Oleh karenanya kepada anak-anakku biasakanlah pertama seringlah kalian memohon, berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah dimana saja, dan pada saat kapanpun yang kedua kepada anak-anakku Kita harus yakin terhadap potensi kita. Prestasi tolok ukurnya bukan ijazah, melainkan adalah Ilmu dan akhlaq. Oleh karenanya kepada anak-anakku muliakanlah dirimu dengan Ilmu dan akhlaq mulia. Sebagai mana doa Nabi Ibrahim. dan ketiga jadilah anak yang setia kepada orang tua dan gurumu Insya Allah Bapak yakin anak-anakku pasti sukses. Selanjutnya yang ke empat, Hiduplah bersama Al Qur’an, karena itu merupakan kenikmatan kita  dan jangan jauh dari Al Quran. Bagi yang belum memahami maka belajarlah dan kajilah Al Qur’an seban Al Qur’an itulah sebagai petunjuk untuk kebahagiaan, dan kesuksesan kamu, baik di dunia terlebih-lebih di Akhirat." Amin,( Drs. Hamdah Syarif /Humas).