" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

DRS. HAMDAH SYARIF MEMPEROLEH GELAR MA

Drs. Hamdah Syarif guru MAN 1 Medan mendapat gelar Master of Art (MA) pada Pendidikan Pascasarjana di Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) Program  Studi Pendidikan Islam konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam setelah menyelesaikan sidang  pada Rabu, 28 Mei 2014 yang diadakan di ruang sidang Aula I Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.
Ia berhasil mempertahankan tesisnya berjudul “Manajemen Inovasi Kepala Madrasah Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan” dan mendapat nilai 97,35. Ia mempertahankan tesisnya di hadapan Dosen pengujinya masing-masing Prof. Dr. Abdul Mukti, MA, Prof.Dr. Solidar, MA, Prof.Dr. Dja’far Siddik, MA, dan Dr. Anzizhan, MM.
            Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan trianggulasi.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi manajemen dalam peningkatan mutu pendidkan menekankan pada peningkatan prasarana, seperti membangun perpustakaan terbesar tingkat madrasah di Sumatera Utara, melengkapi alat-alat lab, alat Fitnes dan bidang komunikasi seperti brieving pagi setiap hari, sukses melaksanakan Konfrensi Pelajr Asia Eropa bidang Pendidikan, Budaya dan lingkungan serta sumber daya manusia (SDM) yang berorientasi pada peningkatan kompetensi professional.  Selanjutnya bahwa Sistem Manajemen Mutu MAN 1 Medan sudah berstandard ISO 9001 2008. Aspek-aspek penelitian tersebut menyatakan: 1) Pelaksanaan Manajemen Inovasi Kepala Madrsaha Aliyah Negeri 1 Medan diawali degan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan MAN 1 Medan, secara keseluruhan telah berjalan namun tetap ada kendala yang dihadapai. 2) Pelaksanaan program Manajemen Inovasi yang sudah berjalan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan adalah penerapan Informasi Tegnologi (IT), membuka kelas Unggulan, dan didukung dengan 26 kegiatan ekstrakurikuler dengan swadana antara madrasah dengan orang tua siswa melalui kerja sama dengan komite madrasah.
            Secara umum kendala yang dihadapi MAN 1 Medan dapat diklarifikasikan kepada dua hal: 1) kendala yang bersifat internal yaitu; kurangnya kesiapan dari sumber daya, keadaan tenaga pengajar, adanya sikap dari para pendidik yang telah terkondisi persikap pasif dan tidak kreatif. 2) kendala yang bersifat ekternal yaitu; Lemahnya kerjasama Madrasah dengan pihak lain dan kurangnya pelatihan bagi guru mata pelajaran. Namun hambatan yang terjadi tetap dicarikan solusi agar pelaksanaan peningkatan mutu efektif dan efisien.
Drs. Hamdah Syarif kelahiran Teluk Mengkudu Sergai, 11 Maret 1965, ini adalah anak dari Almarhum Ustaz Muhmmad Syarif dan Nurmiyah. Hamdah menikah dengan Dra. Rohana dan dikaruniai putra putri bernama: Zulhaina Syarifah, Fikri Sholeh Hamdi, dan Ahmad Saufa Al Khairi.

            Al Hamdulillah dengan gelar MA ini Hamdah berusaha menciptakan dirinya semakin berwawasan itlektual dalam membina hubungan baik di jajaran Kementrian Agama, khususnya di lingkungan Pendidikan Madrasah, dan juga di luar Kemntrian Agama dan selalu mensosialisasikan ilmu pengetahuannya kepada siapa saja yang membutuhkan.