" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PARA GURU DAN PEGAWAI MAN 1 MEDAN MENGADAKAN ESQ DAN BUKA PUASA BERSAMA

 MAN 1 punya prinsif “Tiada Hari Tanpa Kegiatan”, demikian  halnya pula terhadap guru-gurunya. Walaupun dalam keadaan libur smester, namun bagi guru-guru MAN 1 Medan tetap selalu aktif. Salah satunya adalah para guru dan pegawai telah diberikan training ESQ selama satu hari, yang berlangsung pada hari Jum’at, 11 Juli 2014. Kalau pada hari Kamis sebelumnya yang mengikuti ESQ adalah siswanya, tapi para gurunya juga tidak mau ketinggalan. Sehingga Kepala MAN 1 Medan mengambil kebijakan, bahwa para guru dan pegawai juga perlu di ESQ. ternyata sambutan dan antusias para guru dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi.
Kepala MAN 1 H. Ali Masran Daulay,S.Pd,MA, ketika membuka acara Menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat penting, sebab di sini akan dibangkitkan kecerdasan Spiritual, dan kecerdasan emosionalnya. Dengan kegiatan ini diharapkan kepada guru memiliki karakter yang baik, disiplan, sabar, ikhlas dan melaksanakan tugas dengan enuh tanggungjawab. Seorang guru tidak memandang mengajar dan mendidik itu adalah beban tetapi adalah tugas mulia dan merupakan ibadah. Ada kebahagiaan yang luar biasa apabila mampu merubah anak didknya kearah yang lebih baik. Seorang guru tidak boleh putus asa, tidak boleh mengeluh, dan tidak boleh kehilangan akal dalam mengajar dan mendidik siswanya, inilah salah satu indicator guru yang professional.
Salah satu materi inti dari kegiatan ini adalah Spiritual Quotient (ESQ), dimana, kecerdasan spiritual berurusan dengan kecerdasan jiwa, kemampuanmemahami penderitaan memaknai penderitaan hidup dengan makna yang positif, dengan memberi makna yang positif itu ia mampu membangkitkan jiwanya dan melakukan perbuatan dan tindakan yang positif. Disamping itu ada jenis kepribadian yang merusak, seperti malas, berbohong, tidak disiplin, pencurian,  pertikaian, berkhianat, dan arogan.

Sebagai narasumber dari acara ESQ ini  adalah Mhd. Khairil,SH.I, Direktur MC Leadership Centre dan Konseptor MC Model berpengalaman dalam mengelola Pelatihan dari tahun 1995 sampai sekarang. Sudah banyak pelatihan-pelatihan yang ditanganinya, di kantor-kantor, sekolah-sekolah, pelajar-elajar, mahasiswa dan lainnya. Dan beliau termasuk alumni MAN 1 Medan.
Kegiatan ini juga sekaligus dibarengi dengan buka puasa bersama, untuk meningkatkan silatur rahmi dan kebersamaan antara sesame guru, pegawa, Kepala MAN 1 Medan dan komite sekolah. Oleh karenanya ketua komite madrasah Dr. Muhammad Yusuf, Harahap,M.Si turut hadir dalam acara ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal, antara lain;
-          Salah satu sekolah yang baik adalah dimana hubungan antara sesame guru, dan antara guru dengan pimpinan terjalin dengan baik dan harmonis.
-          Dan jangan ada dusta diantara kita, artinya tranparan dan jujur.
-          Kepada guru agar meningkatkan disiplin dalam melaksanakan tugasnya.
-          Bersikaplah jujur, kalaumemang salah katakana salah, jangan ditutup-tutupi.
-          Komite pada prinsipnya mendukung segala kegiatan yang baik apabila sesuai dengan krreteria komite.
-          Berikan informasi dan kritisi sesuai dengan biidangnya, jangan urus yang bukan bdangnya.
-          Mari kita sambut kurikulum 2013 ini, dan kita fahami betul itu.

Acara ESQ guru-guru di tutup dengan Buka Puasa Bersama. Wslm. Drs. Hamdah Syarif,M.PdI. (WKM Humas).