" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN ESJIN MAN 1 MEDAN BERLANGSUNG MERIAH.

Acara peletakan batu pertama pembangunan masjid MAN 1 MEDAN  Sabtu, 21 Jnuni 2014 berlangsung meriah. Acara tersebut juga berbarengan dengan kegiatan penerimaan raport para siswa kelas X dan XI MAN 1 MEDAN, dimana para orang tua wali ikut hadir untuk menagambil raport anaknya dan sekali gus menyaksikan para juara umum, dan ranking terbaik  di kelasnya.
Acara peletakan batu pertama pembangunan masjid MAN 1 MEDAN dihadiri dari Kementrian Agama Kota medan diwakili oleh Drs. H. Kasman,MA Kase Mapenda,Wali Kota Medan, diwakili, camat medan tembung, para Ustaz Yaitu Ustaz, H. Zulfikar Hajar,Lc, Ustaz Khaidir Abdul Wahab LC Ustaz Drs. H. Amhar Nasution,MA, ustaz Ali Amran Zakari,Lc,  juga di awali dengan tausiyah yang disampaikan oleh ustaz yang sengaja di undang yaitu Ustaz Hasbi Mawardi, S.Ag.
 Ketua  Pembanguan Masjid MAN 1 Medan H.Muhammad Basri, S.Ag, MA  Menjelaskan bahwa Laterbelakang dibangun Masjid MAN 1 ini  adalah,  selama ini MAN 1 Medan  memiliki Masjid yang sangat sempit, berada di lantai dua gedung MAN 1 dan tidak adak kamar mandinya apalagi tempat wuduk, jadi kalau mau sholat terpaksa turun kebawah untuk mengambil air wuduk sangat menyulitkan sekali, dan selama ini ruangan kelas dijadikan musholla-musholla sebagai antisipasi anak-anak untuk melaksanakan sholat zuhur.
 Nah sekarang  Masjid berukurun 14 kali 14 meter ini dibangun di lokasi di depan Gedung MAN 1 sebelah kanan dan direncanakan masjid kita bertingkat lantai dua. Diperkirakan  pembangunan masjid ini menelan biaya sebesar 800 juta rupiah.
Diharapkan dengan berdirinya masjid ini tidak hanya dipergunakan untuk sholat, melainkan juga segala kegiatan-kegiatan exkul siiswa, khususnya kegiatan exkul keagamaan, seperti Kursus Kader Da’wah (KKD), Tilawah Qur’an, Fahmil Quran, Syarhil Qur’an, Mabid, upkreding, pesantren kilat, dan lain-lain, disamping itu juga para orang tua bisa beristirahat dalam menjeput anaknya disore hari, sebab mulai tahun ajaran baru ini siswa/siwi MAN 1 ful day belajarnya sampai jam 17.30 Wib.



Bapak Kepala MAN 1 Medan H.Ali Masran Daulay,S.Pd,MA, menyampaikan kepada seluruh masyarakat kaum muslimin dan muslimat khususnya para wali siswa yang berkenan untuuk berinfak agar dapat menyerahkan langsung kepada paniti pembangunann, baik berupa uang maupun bahan langsung, terlebih-lebih keberkahan bulan Ramadhan ini. Direncanakan Masjid  MAN 1 ini sudah bisa digunakan setelah Idul Fitri tahun ini, artinya tahun ajaran baru ini sudah dapat digunakan. Semoga Allah SWT senatiasa memberikan keluasan rezki kepada kita sehingga kita dapat menyisihka sebahagian rezki kita sebgai sedekah zariyah kita untuk tabungan kita di kahirat kelak, Amin, wslm. Drs. Hamdah Syarif, M.PdI (Humas).