" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

TIGA HAL YANG DAPAT MERACUNI SEMANGAT BELAJAR SISWA MAN 1 MEDAN

 Ada tiga hal yang dapat meracni semangat belajar, yaitu malas, menunda, dan suka beralasan. Tiga poin ini disampaikan Bpak DR. Zuhrawardi,SPA (alumni MAN 1 Medan, Kepala Rumah Sakit Singkil) di depan ribuan siswa siswi MAN 1 Medan, selaku Pembina Upacara pada penaikan bendera Senin, 8 September 2014 di halam MAN 1 Medan. Beliau sengaja diundang oleh Kepala MAN 1 Medan H. Ali Masran Daulay, S.Pd,MA sebagai Pembina upacara, untuk memotivasi adik-adiknya, agar lebih giat, dan semangat dalam belajarnya.
Selanjutnya Zuhrawardi selaku alumni MAN 1 Medan itu menyampaikan, bahwa yang buat kita berhasil bukan lawan kita melainkan kita sendiri, orang tidak bertanya siapa kita tapi apa bisa kita, saya ingin kalian semua sukses dan lebih baik dari kami, oleh karenanya jangan malas kerjakan apa yang bisa kita lakukan jangan sia-siakan waktu, malas akan meracuni kita dan akan membuat kita gagal. Tidak adak orang yang sukses dan berhasil dilewatinya dengan kemalasan, melainkan selalu kerja keras dan penuh perjuangan. Selanjutnya suka menunda juga merupakan racun dari kesuksesan, ah nantilah, tunggulah, ah besuklah, dan seterusnya, itu semua bentuk-bentuk penundaan dari suatu pekerjan. Sorang siswa yang akan sukses jangan menunda tugas atau pekerjaan, kerjakan sekarang apa yang bisa kalian kerjakan jangan tunggu sampai besok. Kalau ditunda-tunda bisa jadi perkerjaan itu atau tugas itu menumpuk. Kakak kakakmu para alumni banyak yang sudah jadi berhasil dan sukses karena mereka selalu rajin dan tidak menunda nunda tugas dan pekerjaan.
Selanjutnya racun yang ketiga adalah suka buat alasan. Tidak ada istilah tidak belajar karena tidak ada guru, tidak belajar karena guru terlambat, tidak belajar karena tidak ada buku, dan lain sebagainya. Pokoknya ciri bakal oarng yang gagal itu selalu buat alasan. Kalau saya ditanya kapan saya belajar? Ya kapan saja, sebab kapan saja saya mau belajar. Dan saya tekankan kepada adik-adikku, kalian jangan karena bergaul tidak belajar, tapi juga jangan karena belajar kalian tidak bergaul. Bagi saya kalian harus belajar dan bergaul. Saya juga pernah jadi ketua OSIS MAN 1, berarti saya juga bergaul, yang disambut tepukan meriah oleh para siswa.

Yang terakhir pesan saya, banyak belajar, banyak bermain, bergaul dan kurangi tidur. Saya ingin kalian berhasil dan sukses semua, amin, wassalam. Drs. Hamdah Syarif,M.PdI (WKM MAN 1 Medan).