" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

GURU MAN 1 MEDAN SALAH SEORANG PENULIS BUKU TAFSIR TARBAWI

Buku yang berjudul Tafsir Tarbawi telah terbit.  Buku tersebut di tulis oleh enam belas orang penulis yang kesemuanya adalah Mahasiswa S3 Program Doktor IAIN Sumatera Utara Jurusan Pendidikan Islam (angkatan tahun 2013). Dari 16 penulis tersebut salah satunyya adalah guru MAN 1 Medan Bapak H. Muhammad Basri, MA,  saat ini mengajar mata pelajaran fikih, Tafsir Ilmu Tafsir dan Hadis Ilmu Hadis.
Adapaun Topik pembahasan di dalam buku ini  telah diseminarkan dalam perkuliahan yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Mukti, MA. 
Tafsir Tarbawi adalah corak tafsir Alquran tentang pendidian dari berbagai aspeknya. Buku ini memuat 16 topik yang dibagi menjadi tiga bagian besar yakni: Dasar-Dasar Pendidikan Dalam Alquran ,Ilmu Kealaman dan Alquran Dalam Berbagai Wawasan Kependidikan.
Lewat upacara Penaikan bendera Senin, 22 September 2014 buku Tafsir Tarbawi ini telah di  launching (peluncuran) yang dihadiri oleh Kepala Madrasah,  guru dan siswa. Acara dimulai dari penyerahan buku Tafsir Tarbawi dari salah seorang penulis H. Muhammad Basri MA kepada Kepala MAN 1 Medan  H. Ali Masran Daulay, S.Pd, MA.dan disaksikan oleh Bapak AKP, Sawangi,M Kanit Lantas Polsekta Percut Sei Tuan selaku Pembina Upacara Penaikan Bendera MAN 1 Medan saat itu.
Dalam sambutannya Mhd. Basri menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan terima kasih kepada semua fihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga buku ini dapat diterbitkan. Semoga buku tersebut dapat dibaca oleh masyarakat khususnya warga MAN 1 Medan. Buku Tafsir Tarbawi ini  adalah buku yang ke dua yang dipersembahkan untuk MAN 1 Medan, setelah tahun 2012 buku pertama berjudul “ Buku Manasik Haji  MAN 1 Medan” terbit dan telah dipergunakan pada manasik haji akbar  yang diikuti sekitar 1200 siswa dan guru MAN 1 Medan yang pada waktu itu kepala MAN 1 Medan  adalah Dr.H. Burhanuddin Harahap, M.Pd dan Basri sebagai Pembimbing Manasik serta ketua panitia pelaksana.

Kepala MAN 1 Medan H. Ali Masran Daulay, S.Pd, MA dalam sambutannya menyampaikan rasa gembiranya karena terbitnya buku Tafsir Tarbawi karena salah seorang penulisnya adalah guru MAN 1 Medan, sehingga dapat memotivasi bagi guru-guru yang lain untuk dapat menulis sesuai dengan bidang keahliannya. Beliau menambahkan semoga kiranya dengan terbitnya buku ini kebenaran dan keagungan Alquran semakin nyata hidup dalam keseharian khusunya dalam bidang pendidikan. Demikian,Wassalam, Drs. Hamdah Syarif,M.PdI (Wkm Humas).