" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PENGAWAS: GURU MAN 1 JANGAN KETINGGALAN DENGAN GURU SEKOLAH LAIN


Guru MAN 1 jangan ketinggalan dengan guru-guru lainya di kota Medan ini. Guru-guru MAN 1 harus sudah siap program pembelajarannyya, seperti, silabus, prota, prosem, RPP dan penilain. Penjelasan tersebut disampaikan oleh pengawas MAN 1 Medan, Ibu Dra. Yuliana Dalimunte,MA pada acara briving pagi yang rutin dilaksanakan setiap pagi sebelum berlangsungnya proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Dalam meningkatkan kinerja guru tentu pran pengawas juga sangat menentukan. Oleh karenanya Ibu Yuliana merasa bertanggung jawab dan berkewajiban melakukan kunjungan kesekolah-sekolah yang menjadi wilayah pengawasan beliau, termasuklah MAN 1 Medan. Walaupun Ibu Yuliana ini dalam keadaan sibuk penuh dengan tugas-tugas memberikan pelatihan pelatihan, namun beliau tetap menyempatkan dirinya untuk mengunjungi MAN 1. Beliau tau bahwa di MAN 1 setiap hari ada breiving pagi sebelum para guru masuk ke kelas untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Nah ini dimanfaatkan beliau untuk memberikan informasi-informasi terbaru yang diperolehnya dari luar. Seperti pada Rabu, Oktober 2014 yang lalu, seoiyanya yang memberikan materi briving adalah Ibu Dra. Nurhani, tetapi kebetulan beliau berhalangan maka langsung digantikan Ibu Yuliana pengawas kita.
Pada kesempatan briving tersebut Ibu Yuliana sampaikan beberaa hal,  antara lain seorang guru sudah punya perangkat pembelajarannya, seperti silabus, dan RPP nya. Selanjutnya  jangan monoton,  sajikan pembelajaran yang menarik, buat siswa berkelumpok jangan sendiri-sendiri, ciptakan metode dan model yang menyenangkan anak, usahakan anak melakukan, dan menemukan sendiri, kita seorang guru hanyak mempasilitator, memotovator dan coordinator.  
Sebagai seorang guru Mapel apa yang harus dimiliki, contoh merencanakan, membuat program tahunan, program semester, silabus, RPP, melaksanakan dan pada akhirnya mengevaluasi atau menilai, membuat remedial dan sebagainya. Begitu juga sebagai seorang wali kelas apa yang harus dimiliki,  begitujuga sebagai WKM dan sebagainya.
Bagi saya seorang pengawas juga dituntut tanggung jawabnya terhadap tugas saya, Maka tugas saya mensupervisi Bapak Ibu guru sekalian, melihat kinerja bapak Ibu, ada yang bagus, saya bawa keluar saya berikan ke yang lain, jika kurang bagus, kita perbaiki, kita bimbing. Dan kepada MGMP tolong di aktifkan. Di MAN 1 ada WKM MGMP, untuk itu agar mengkoordinir dan  membuat jadwal pertemuan perbulan per Mata pelajaran. Sebab sebagai seorang guru pasti mengalami problem dalam mengajar, nah di MGMP inilah mencari jalan keluar, atau  membuat pengembangan, atau inovasi-inovasi  dan sebagainya.
Selanjutnya untuk Penilaian Kinerja Guru  (PKG) yang menilai adalah pengawas, sedangakan Penilaian Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  yang menilai adalah penanggung jawab guru mapel. Jadi Ibu Dra. Hj. Dewi Afriyanti, M.Pd selaku WKM sarana dan guru Biologi beserta  Ibu Dra. Maisyarah Siregar,M,Si selaku WKM Kurikulum bertindak sebagai Koordinator PKB, bukan penilai guru mapel. Bagaimana mungkin Ibu Dewi guru biologi menilai Ibu Nurkodrah guru Bahasa Inggris, kan tidak singkron. Ini yang mesti diluruskan, agar tidak terjadi kesalahan. Dan saya harap pesan ini tolong disampaikan kepada guru yang lain yang tidak hadir pada hari ini, terimaksih atas perhatian, mohon maaf atas kekurangan, wassalam.

Demikian, WKM Humas.