" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

MAN 1 MEDAN KUMPUL 1000 TANDA TANGAN DALAM RANGKA PERINGATAN HARI HIV SEDUNIA


Dalam rangka memperingati Hari AID Sedunia yang jatuh pada  hari Senin tanggal 1 Desember 2014, MAN 1 Medan menggelar seribu tandatangan yang berlangsung di halaman MAN  1 Medan. Kegiatan ini dilaksanakan setelah upacara penaikan bendera pada pagi hari. Pembubuhan 1000 tandatangan ini di awali bimbingan dan arahan dari Bapak Kepala MAN 1 Medan H. Ali Masran Daulai, S.Pd,MA.  Setelah itu beliau bersama-sama dengan para WKM, Penjab, Wali kelas, guru dan Siswa melakukan tanda tangan di selembar kain putih yang berukuran  25 meter.
Kegiatan pengumpulan tanda tangan ini sebagai wujud komitmen MAN 1 Medan, guru dan siswa, dimana bertekad bahwa MAN 1 Medan bebas dari HIV (Human immunodeficiency virus), dan AIDS (Acquired immune deficiency syndrome).
Virus yang masuk ketubuh akan terus berkembang dan merusak system kekebalan tubuh, sehingga daya tahan tubuh semakin lama semakin menurun. Awalnya Virus HIV akan memasuki tubuh manusia ke sel limfosit melalui sel-sel T pembantu, dengan cara menempel  pada protein yang ada di permukaan sel, itu disebut CD4. Begitu virus berada dalam cel CD4, ia akan memasukkan bahan genetiknya ke dalam cel tersebut dan menggunakannya untuk menjadi dirinya. Pada waktu bersamaan, cel-cel tuan rumah (cel manusia) yang asli akan mati. Demikian proses ini akan berulang-ulang dimana lebih 10 miliyar partikel HIV baru diproduksi setiap harinya.  Gejala seperti serangan flu yang berlangsung antara 2 – 6 minggu setelah tereinfeksi. Virus terus berkembang dan tubuh terasa semakin lemas. Pada saat penyakitnya muncul disebut AIDS. Tanda dan gejala kronis AIDS di kenal mengeni gejala mayor yaitu berat badan lebih 10 persen menurun dalam tempo relative singkat, demam lebih dari sebulan dan diare menahun serta tergolong minor adalah batuk-batuk menetap lebih sebulan, gatal-gatal menyeluruh tubuh, herpes zoster berulang, herpes simplekx menahun, sariawan rongga mulut oleh jamur, dan kelenjar getah bening membengkak secara menyeluruh. Seorang dinyatakan terinfeksi AIDS apabila didapatkan dua gejala mayor dan dua gejala minor, dengan konfirmasi pemeriksaan darah kadar antibody virus HIV.
Umuumnya bagi yang terinfeksi HIV akan mengalami
Setap orang bis aterkena HIV melalui aktivitas seksual, darah yang terinfeksi, jarum suntik yang dipakai bersama, terluka akibat jarum yang terinfeksi,  transmisi dari ibu ke anak.

Begitu berbahayanya penyakit HIV/AIDS ini, oleh karena itu mari kita nyatakan bahwa kita bebas dari HIV/ AIDS setuju..?  dan 1000 tanda tangan yang sudah kita coretkan di kain putih itu menjadi saksi bahwa kita berjanji untuk selalu waspada dan menjaga serta memberikan peringatan, dan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS ini kepada, teman, saudara, tetangga, dan keluarga kita. Semoga kita dilindungi oleh Allah SWT dari penyakit HIV/AIDS ini, Amin. Wassalah, WKM Humas MAN 1 Medan.