" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

DOKTER REMAJA MAN 1 MEDAN TELAH DILANTIK OLEH KADIS KESEHATAN KOTA MEDAN

Sebanyak 120 orang dokter remaja MAN 1 Medan telah dilantik oleh Kadis Kesehatan kota Medan Ibu Drg. Hj. Usma Polita Nst M.Kes. Pelantikan dokter remaja tersebut berlangsung setelah upacara penaikan bendera  pada hari Senin, 2 Februari 2015, di halaman MAN-1 Medan.
Kadis Kesehatan Kota Medan tiba di MAN 1 Medan pada jam 07.30 pagi bersama 6 orang pendampingnya, yaitu;  Dr. Iman Surya (Kabid Yankes), Sondang siagian.SKM,MARS (Kase Kesehatan Dasar), Rosa Linda.M.SKM.MKES (Staf Yankes), Dr. Refrini (Ka. Puskesmas Sering), dan Drg. Herani  (KTU.Puskesmas Sering). Disamping melantik Kadis Kesehatan Kota Medan itu juga bertindak sebagai Pembina upacara.
Pelantikan dokter remaja diawali dengan pembacaan SK, pemasangan selempang Dokter Remaja, dan  pembacaan ikrar oleh para dokter remaja. Dalam sambutannya Ibu Usma menyampaikan amanatnya, bahwa, dokter remaja merupakan program jangka panjang, dimana Peningkatan pran murid dan Usaha Kesehatan sekolah, melalui dokter reamja merupakan ujung tombak dalam merealisasikan kebersihan dan kesehatan sekolah. Olehkarenanya peran dan tanggung jawab generasi yg akan datang dlm meningkat kualitas smber daya manusis  dalam  menyongsong era globalisasi sangan menentukan, siswa didik sedini mungkin untuk diarahkan dan dibentuk dan  menerapkan pola hidup bersih dan sehat  baik disekolah , di rumah maupun di lingkungan dimana mereka tinggal.  
Dengan maraknya masalah penyalahgunaan narkoba sekarang ini para siswa juga jangan lupa harus diberikan pembekalan agama dan pengetahuan tentang narkoba. Dalam hal ini tidak hanya yang berperan dokter remaja yg  tetapi semua siswa ikut berperan mensosialisasikan, mengenai bahaya narkoba, kebersihan pola hidup sehat, dan lainnya.  Kegiatan ini memang tidak mudah , perlu dukngan,  keterpaduan antara instansi terkain, orang tua, masyarakat, sekolah para guru dan siswa. Oleh karenanya Kadis Kesehatan mengharapkan  Partiisipasi masyarakat, orang tua, sekolah perlu ditingkatkan lewat pembinaan secara rutin dan berkesinambungan pada hari sabtu, dan pada hari lain yang kiranya memungkinkan.
Disamping itu mengenai Kawasan tampa rokok, sesuai dengan Peraturan Daerah  kota medan no. 3 tahun 2014 hal ini harus betul-betul disahuti dan dilaksanakan 100 persen disekolah sebagai lembaga pendidikan yang bersih, indah dan sehat. Pran kepala sekolah, guru terlebih-lebih para dokter remaja wajib membantu program pemerintah mengenai kawasan tampa rokok, dan peratura walikota no.35 tahun 2014 tentang bagaimana implementasinya dalam hal ini kepala sekolah dalam menyahuti, dan mendukung mengenai kawasan tampa rokok ini.
Kementrian kesehatan melaporkan bahwa pada tahun 2008 terjadi laju peningkatan kasus AID/HIV yang semakin cepat, berdasarkan laporan statistik pembangunan HIV/ AID sampai 30 juni 2011 secara komulatif tercatat 26463 kasus, yang berasal dari  33 propinsi, dan yang terbanyak daerah  Bali,  Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan Jokjakarta, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara. Kasus tertinggi pada usia 20 sanpai 29 tahun mencapai  46,4 % , dan  Yang paling banyak Terinfeksi HIV usia 15-28 tahun, artinya usia ini adalah usia sekolah. Oleh karenanya prograng UKS merupakan usha untuk mengantisipasi, dengan dukungan semua pihak dan unsur terkait, terlebih-lebih kepada Pak camat merupakan Bapak Pembanguna berwawasan kesehatan, harus aktif dan terjun ke sekolah-sekolah dan  ke masyarakat.
Saya ucapkan selamat kepada para dokter remaja yang baru dilanti, selamat bekerja dan berkarya, ketahuilah bahwa sebaik-baik manusia adalah banyak manfaatnya buat orang lain, dan kepada anak-anak ku semuanya kegiatan ini tidak hanya sebatas pelantikan, tetapi harus berbuat, rajin menggali ilmu sebab dokter remaja harus dibekali pengetahuan yang benar dan konprehensisf  tentang AID/HIV, narkoba dan pola hidup bersih dan sehat. Selanjutnya terjun kemasyarakat untuk mengamalkan ilmunya. Semoga kegiatan hari ini diberkahi oleh Allah SWT, dan kita semua diberi kekuatan untuk melaksanakan tugas mulia ini, dan semoga para siswa MAN 1 Medan Sukses semua , Amin.

Setelah melantik upacara dan pelantikan, Ibu Kadis Kesehatan Kota Medan beserta rombongan beramah tamah dengan Kepala MAN-1 Medan H. Ali Masran Daulay,S.Pd,MA beserta WKM Humas, Drs. Hamdah Syarif,M.Pd.I dan KTU Sufrizal,S.Sos, di ruang Kepala MAN-1 Medan.  Demikian, Wssalam. WKM. Humas.