" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

TIGA AMANAT KASAT LANTAS KOTA MEDAN KEPADA SISWA DAN GURU MAN-1 MEDAN

 Tiga amanat yang disampaikan Kasat Lantas Kota Medan Kompol Muhammad Budi, yaitu; pertama masalah lalulintas, kedua masalah Narkoba, dan ketiga masalah pergaulan bebas.  Ketiga  hal tersebut disampaikan beliau selaku Pembina upacara ketika memberikan amanat dihadapan siswa dan guru MAN-1 Medan pada acara penaikan bendera, Senin 9 Februari 2015 di halaman MAN-1 Medan.
Dikatakan Bapak Budi, bahwa telah banyak korban akibat kecelakaan lalulintas.  Pada tahun 2014 yang meninggal akibatibat kecelakaan lalulintas berjumlah 1260 oarang, rata-rta perhari 2 orang.  Jumlah itu belum termasuk luka ringan dan luka berat. Untuk daerah Sumatera Utara Medan termasuk  yang paling besar. Dari jumlah tersebut diatas 80 % meninggal akibat kecelakaan kenderaan roda dua. Ini disebabkan berkenderaan tidak memakai helm, mengemudi ugal-ugalan tidak memmatuhi aturan dan menerobos lampu merah,  tidaksabar, dan ingat kepada adik-adik, bahwa menerobos lampu merah ancaman hukumannya dua kali lipat, sebab dia dianggap sengaja mengemudikan membahayakan orang lain. Lampu merah dimedan paling lama dua menit (120 detik), berbeda dengan di Jakarta bisa mencapai 5 menit. Karana itu kemanapun kita tetaplah menggunakan helm disaat mengendrai sepeda motor, dan patuhilah rambu-rambu lalulintas.
Kedua, masalah Narkoba, ketahuilah para siswa sekarang ini penyalah gunaan narkoba sudah sangat meprihatinkan, telah banyak para remaja usia sekolah yang jadi korban. Awal seorang kena narkoba adalah  dari rokok. Oleh karena itu kepada adik-adik  jangan merokok sebab rokok banyak kerugian sedikit keuntungan bahkan tidak ada. Narkoba juga merupakan sumber dari segala sumber ke jahatan. Seperti Jambret, curanmor, perampokan, pencurian rumah, semua itu akibat kecanduan  dari narkoba, kena narkoba mudah, tapi menghilangkannya susah, tak ada orang yang sukses setelah sembuh dari narkoba. Oleh karena itu kepada adik-adik, para guru, kalau ada yang terindikasi kenak narkoba  harap laporkan ke polisi atau ke BNN akan kita rehabilitasi, tidak di hhukum. Kepadabapak ibu guru awasi anak didiknya, kalau ada yang mencurigakan kabari polisi, mari kita kerja sama, demi keberhasilan dan kesuksesan anak-anak kita.

Dan yang ketiga masalah pergaulan bebas. Hal ini juga akan mebahayakan kalian khususnya bagi pelajar wanita. Saya harap kalian  jangan pacaran dulu, masa depan kalian masih panjang, hati-hati dengan rayuan lelaki, sebab kalia juga akan menderita dan sengsara. Pikirkan masa depan kalia, raih dahulu cita-citamu gapailah kesuksesanmu baru kamu pacaran atau cari jodohmau. Sekarang gantungkan cita-citamu mau kemana kalian?kalau mau masuk polisi ni bulan Mei ini ada penerimaan, kata Kasat Lantas di depan sekitar 1500 siswa MAN-1 Medan, yang disambut dengan tepukan meriah.

Selepas memberikan amanat Bapak Kasat Lantas Kota Medan itu menyerahkan beberapa piala kepad siswa MAN-1 Medan yang meraih juara pada minggu ini. yaitu Ridho Gunawan, kelas XII IPS 1 Juara I Mendesaign Logo Club Mendarin MAN 1 Medan, Andrian kelas XI IPS 3 Juara  favorite, dan Mhd. Aulia kelas XI Unggulan-2  Juara Harapan I Fisika di SMAN 3 Medan, yang berlangsung pada tanggal 31 Januari 2015.
Wassalam, Drs. Hamdah Syarif,M.Pd.I (WKM Humas MAN-1 Medan)