" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

BAMBU VI PASKIBRA MAN 1 MEDAN BERLANGSUNG SUKSES

 Bariasan  Pengibar Bendera MAN 1  Bersatu (Bambu) ke-VI telah dibuka pada hari Jum’at 21 Maret 2015 . Acara tersebut dimulai pukul 09.00 wib dan dibuka oleh Gubernu Sumatea Utara yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga yang dihadiri Kabid Bina Kepemudaan M. Tohir S.Pd,M.Si. dan dihadiri oleh unsur dari Kementrian Agama Wilayah sumatea Utara, Dinas pendidikan, dari Polresta Medan, Dinas Pendidikan, Kodim I Bukit Barisan, Kase Pendidikan Kementrian  Agama Kota Medan, seluruh guru dan pegawai MAN-1 Medan dan para peserta  Paskibra  utusan dari beberapa daerah Sumatera Utara.
           Maksud dari kegiatan ini meningkatkan kedisiplinan dan mutu paskibra yang berada di satuan sekolah se-Sumatera Utara khususnya di kota Medan sekitarnya.
Bambu VI ini adalah suatu acara ajang lomba kentangkasan mengenai Paskibra.     Peserta Kegiatan BAMBU VI Tahun 2015 Paskibra MAN 1 Medan,  adalah Paskibra Satuan yang berada di sekolah-sekolah tingkat MA/SMA/SMK sederajat, tingkat MTs/SMP sederajat Se-Sumetera Utara  Khususnya di Kota Medan sekitarnya. Sekarang peserta yang masuk berjumlah 28 satuan, untuk tingkat SMA/MA berjumlah 16 satuan, sedangkan tingkat SMP/Mts berjumlah 12 satuan. Bambu ini rutin dilaksanakan oleh Paskibra MAN 1 Medan, dan ini sudah memasuki tahun yang ke-6. Untuk tahun ini  Bambu VI mengambil tema : “Melalui kegiatan ini kita ciptakan generasi muda yang disiplin, berwawasan IPTEK, dan kreatif serta bersatu demi kemajuan Bangsa dan Negara”. Acara ini bertujuan; Membina para pemuda agar menjadi warga Negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin tinggi, dan memiliki keterampilan, mempererat persaudaraan antar Paskibra Se-Sumatera Utara khususnya di Kota Medan sekitarnya, dan sebagai tolak ukur  Paskibra satuan khususnya menjadikan bahan evaluasi meningkatkan kualitas Paskibra MAN-1 Medan.


Kegiatan Bambu VI  ini merebutkan piala bergilir Gubernur Sumatera Utara untuk tingkat SMA/ Mts. Dan piala bergilir Kementrian Agama Sumatera Utara untuk tingkat SMP/ MTs. Yang menjadi dewan juri pada acara ini adalah dari TNI Angakatan Laut.
Pembukaan acara dilakukan dengan serimonial dengan Pembina upacara adalah Stap Ahli bidang pendidikanGubernur sumatera Utara, Bapak Drs. H. Muhammad Fitrius. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rahmiyatul Mawaddah, siswa kelas XII IPA-3 MAN 1 Medan, pembaca terbaik 3 pada MTQ Nasional kota Medan.
Pada kesempatan itu Kepala MAN 1 Mean H. Ali Masran Daulay,S.Pd,MA menyampaikan  sambutannya, antara lain: “Selamat datang kepada Para peserta satuan Paskibranya, dengan harapan semoga dengan acara ini membawa kebaikan kepada kita semua, dapat meningkatkan disiplin yang tinggi, dan bekal menjadi pemimpin dimasa depan. Kegiatan ini cukup Bagus dan spaktakuler. Kepada para dewan juri agar bertindak jujur dan benar tidak ada intervensi. Siapa yang layak menang itulah yang dimenangkan. Semoga ditahun mendatang lebih dibesarkan, dan dimeriahkan lagi. 
Selanjutnya dalam amanatnya Kepala Dinas Pemuda dan Olah aga yang dibacakan oleh Kabid Bina  Kepemudaan M. Tohir S.Pd, M.Si, menyampaikan beberapa hal, antara lain; “Bahwa saya mengaprisiasi yang sangat tinggi acara ini, sebagai wahana untuk meningkatkan disiplin bagi para pemuda, berakhlaq mulia, jujur dan kreatif. Saya berharap, jadikanlah acara ini juga sebagai pembentuk kedewasaan, menempa ketahanan sebagai calon pemimpin yang beriman, dan berakhlag mulia, disiplin, sebagai pengamalan terhadap Pancasila dan UUD 1945. Ketahuilah bahwa bangsa ini akan ditentukan oleh kalian, karenanya persiapkan diri, mental serta ketangguhan, dan tetap menjaga kesehatan.  Kepada seluruh peserta lomba saya berpesan, agar tetap menjaga sportifitas, serta memahami arti dan makna pada lomba, serta percayakan semua pada dewan juri.  Dan saya menucapkan selamat dan bangga kepad seluruh satuan, kalian adalah satuan yang terbaik di Kabupaten masing-masing. Semoga acara ini dapat menjadi sebagai ajang pengembangan diri dan bakat membentuk karakter yang baik. Menumbuhkembangkan kedisiplinan, dan silaturrahmi antar sesama satuan. Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala MAN 1 Medan atas karya dan prakarsanya.
Acara Bambu VI ini berlangsung 3 hari yaitu dari hari Jum’at sampai dengan Minggu, 20-22 Maret 2015. Bambu VI ini ditutup pada hai Minggu, sekaligus pengumuman, dan pembagian hadiah bagi para pemenang.



Adapun para pemenang lomba BAMBU VI pada tahun ini adalah:
I.                   Untuk Tingkat SMA/ MA
Bidang paduan suara;
 juara I.PASBRATA SMAN 8 Medan, juara II PASPRASTU SMKN 1 Pecut Sei Tuan, Juara III PASSPANDUMEN SMA Parulian 2 Medan, harapan I PASMANDALAS SMAN 12 Medan, harapan II PASSAKA  SMA YPK Medan , harapan III PASJUPAN SMK N 7 Medan.
Untuk bidang Variasi Forrmasi,
 Juara I , SMAN 8 Medan, juara II SMK N 1 Percut Sei Tuan, Juara III SMA YPK Medan,  Harapan I SMK Telkom Shandy Putra  ,harapan II SMA N 11 Medan, dan harapan III  SMAN 12 Medan.
Untuk bidang Formasi Pengibaran Bendera,
Juara I MAN Binjai, juara II SMAN 8 Medan, Juara III SMA YPK Medan, Harapan I SMA N 1 Percut Sei Tuan, harapan II SMN 4 Pematang Siantar, dan harapan III SMK Telkom Shandy Putra.
 Untuk bidang PBB,
 Juara I SMUN 1 Percut Sei Tuan, Juara II SMAN 11 Medan, Juara III SMAN 11 Percut Sei Tuan,  Harapan I SMA Unggulan CT Founation, harapan II MAN Pakam dan harapan III MAN Persiapan 4 Medan.

II.                Untuk Tingkat SMP/ Mts
Dan untuk bidang Formasi Pengibaran Bendera
 Juara I diraih SMP S Ksatria Medan, Juara II SMP Al-Washliyah, Juara III SMP N 1 PST. Harapan I SMP N 17 Medan, haapan II MTs S Al Jihad, dan harapan III, MTs S Madinatussalam..
Untuk bidan PBB
 Juara I MTs S Madinatussalam, Juara II SMP Al-Washliyah 1 Medan, Juara III SMP N 17 Medan. Harapan I  SMPN 29 Medan,  harapan II  SMP Ksatria Medan, dan harapan  III, SMPN 2 Medan.
Untuk bidang tari Komando
juara I, MTs S Madinatussalam, Juara II SMP Al-Washliyah,  Juara III SMPN 17 Medan. Harapan I SMP S ksatria Medan, Harapan II MTs S Al-Jihad, dan harapan III SMPN 29 Medan.
Untuk Mading 3D,
Juara I SMPN 17 Medan, Juara II MTs S Madinatussalam, dan Juara III SMPN 29 Medan. Harapan I SMPN 1 Labuhan Deli, harapan II MTs S Al- Jihad dan harapan III SMP S Al Washliyah 2.


Dari hasil penilaian dewan juri, maka yang berhak meraih Juara Umum dan mendapatkan piala begilir Gubernur Sumatera Utara adalah SMAN 8 Medan, dan pila bergilir Kementrian Agama Wilayah Sumatera Utara adalah MTs Madinatus Salam. Wassalam. Drs.Hamdah Syarif,M.Pd.I