" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

SOSIALISASI PROGRAM GENRE (GENERASI BERENCANA) MAN-1 MEDAN

 Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drg. Widwiono,M.Kes melakukan sosialisasi Program GenRe (Generasi Berencana) kepada siswa  siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN-1) Medan dan MAN-2 Model Medan di Hall MAN-1  Medan Jalan William Iskandar Medan Rabu, 15 Maret 2015.
Dijelaskannya, GenRe adalah suatu program dibawah naungan BKKBN yang dikembangkan dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.GenRe dalam bentuk subyek didefinisikan adalah remaja dan pemuda yang memiliki pengetahuan, bertindak dan berprilaku sebagai remaja untuk menyiapkan dan merencanakan menuju keluarga berencana. Genre bertujuan untuk memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktekkan prilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja, matang fisik, matang psikis, dan matang social sebagai  dasar mewujudkan Generasi Berencana.


Dalam kesempatan penuh keakraban itu Drg.Widwiono juga mengharapkan siswa siswi yang hadir, agar menerapkan pola hidup sehat dan menikah di usia minimal 22 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. Beliau juga mengingatkan di era globalisasi ditandai dengan akan semakin besarnya pihak asing melakukan usaha di Indonesia, termasuk mencari pekerjaan. Kita punya jumlah penduduk yang cukup besar, membuat potensi persainganpun cukup ketat, termasuk kesenjangan bidang pendidikan. Jadi, kalian semua harus mawas diri, berupaya menjadi yang terbaik, jika tidak ingin tergilas oleh jaman ini, ujar Widwiono.
Demikian juga mengenai angka kematian ibu dibawah umur 22 tahun, terus meningkat setiap tahun. Widwiono memprediksikan tahun lalu saja, berkisar 64 % angka kematian ibu hamil akibat perkawinan dibawah  usia 22 tahun itu. Jadi , usia 24 hingga 27 itulah saat yang baik wanita melahirkan,” ujarnya.
Acara sosialisasi berlangsung meriah sebab di pandu oleh kakak-kaka Duta mahasiswa Pusat Informasi Konsling Mahasiswa (PIK-M), dan ini memang menjadi santapan  menarik bagi siswa MAN-1 Medan. Buktinya dari acara yang berakhir hingga petang ini, banyak pertanyaan dari siswa siswi yang sangat kritis dan penuh curiousity. Untung saja, pembawa acara, Ivo Herawati,  siswa MAN-1 Medan kelas XII IPS-4 sangat komunikatif dan kocak sehingga acara menjadi hidup dan berlangsung dengan baik, dan lancar.
Sementara itu  Kepala MAN-1 Medan Bapak H. Ali Masran Daulay,S.Pd,MA yang didampingi, Penjab UKS,  Dra. Syarifah Zaiton, dan WKM Humas MAN-1 Medan  Drs. Hamdah Syarif, M.PdI, sangat apresiatif menyambut kegiatan ini. Kegiatan ini tentunya sangat besar menfaatnya bagi anak-anak Bapak, dengan sosialisasi ini kalian dapat menambah ilmu dan wawasan, sehingga kalian betul-betul  matang fisik, matang psikis, dan matang social dalam menempuh hidup berkeluarga nantinya. Karena itu kita MAN-1 terus berkarya, terus melaksanakan berbagai kegiatan tanpa henti, demi perbaikan bangsa kita demi kreatifitas anak-anak bangasa, khususnya anak-anakku MAN-1 Medan, dan MAN-2 Model Medan, yang disambut tepukan meriah dari para peserta sosialisai. Selanjutnya Bapak Ali menegaskan, bahwa kemaren saja, anak-anak sudah melaksanakan Festival Anti narkoba (FAN) dengan mengundang pembicara dari BNN, dan sekarang dialog semacam ini saya sungguh bangga dan sangat mendukung kreatifitas mereka ini. bahkan kata Ali Masran, besok Jum’at-Sabtu (19-20 Maret 2015), mereka akan menggelar Lomba Paskibra Tingkat Sumatera Utara yang dikemas dengan sebutan “Barisan Paskibra MAN 1 Berasatu” (BAMBU VI) yang akan merebut kan Piala Bergilir dari Gubernur Sumatera Utra dan

Piala Bergilir dari Kepala Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara. Nah ini menunjukkan mereka memang gemar dengan aktifitas positif, jadi, guru dan Kepala sekoah jelas akan sangat mendukungnya,” ujar Ali Masran. Wassalam, HS.