" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

H. Ali Masran Daulay SPd, MA 30 TAHUN MENGABDI DI DUNIA PENDIDIKAN


Segudang prestasi telah diraih, puluhan penghargaan sudah tersemat di dadanya, begitu juga pengalaman sebgai sang ‘dugugu dan ditiru’, sudah entah berapa lama dilaluinya, tetapi dalam benaknya ia belum juga puas mengabdikan dirinya untuk dunia pendidikan.
Siapa lagi kalau bukan, ayahanda kita ,H. Ali Masran Daulay S.Pd,MA, yang kini menjabat Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. Jebolan SD Paringgonan (1974), SMPN 1 Sibuhuan (1977), SMA PN 46 P. Sidempuan (1980), Sarjana Muda IAIN ( 1985 ), FKIP Biologi (1985), dan Pascasarjana  Pendidikan IAIN-SU (2002), ini juga merasakan sakit, pahit dan getir mengejar cita-cita, tetapi ia suatu saat, keberhasilan itu akan diraihnya jika bersungguh-sungguh dan ikhlas mengerjakannya.
Dunia pendidikan adalah dunia yang paling mendalam merasuk darah dan tulang-tulang tubuhnya. H Ali Masran meyakini bahwa dunia pendidikan adalah dunia yang paling  suci dan tulus, dalam rangkaian membangun pola dan prilaku masyarakat, bahkan pendidikan syarat utama kemajuan suatu bangsa.
Sebelum PNS Ali Masran sempat mengabdikan diri guru swasta di berbagai sekolah di Medan, antara lain Al-Azhar, Gajahmada, Perguruan Bunga Bangsa, dan lainnya. Tahun 1986, dia diangkat PNS menjadi guru dan Pembina Pramuka di MAN 1 P. Sidempuan dengan golongan II/b sampai ia diangkat menjadi WKM Kurikulum MAN 1 PSP dengan pangkat/ golongan III/ b.
Tahun 1997, H. Ali Masran pun dipercayakan menjadi Kepala MAN Barumun Tengah, tahun 2002 pindah menjadi Kepala MAN 1 P Sidempuan, Tahun 2005 – 2010 menjadi Kepala MAN 2 Model Medan,  2010 – 2014 Kepala MAN 3 Medan, dan 2014 hingga kini menjabat Kepala MAN-1 Medan dengan pangkat/ golongan IV/c.
Beragam posisi dan jabatan, kini masih di embannya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, antara lain Tiem Penilai dan Asesor Penilaian Kinerja Guru (PKG) Nasional Kemendiknas, Ketua MGMP Kanwil Kemenag Provsu, Sekbid Pendidikan MP3A Kemenagsu, Ketua Asosiasi Guru Mata Pelajaran (AGMP) Provsu, Wakil Ketua PGMI Provsu, Ketua Matla’ul Anwar Kota Medan, Penguus PGRI Provsu, anggota PAMKA, Dosen Fak Tarbiyah UIN SU dan Pengurus IPHI Sumut.
Sedangkan penghargaan bidang pengabdiannya pada pendidikan antara lain, juara I Guru Teladan SMTA se Kab Tapsel 1996 dari Bupati Tapsel, juara harapan Guru teladan SMTA Provsu 1996 dari kanwil Dikbud Provsu, Juara II Kepala Madrasah Berprestasi Nasional tahun 2005 dari Mentri Agama RI, Satya Lencana  10 dan 20 tahun dari Presiden I award tahun 2013 Good Education Governance, Education Award 2014 International Human Resoeurces Development Program (IHRDP), dan juara II Madrasah Award 2014 dari Kementrian Agama RI.
H. Ali Masran juga aktif menulis dan berkarya, tulisannya mengenai  “Bimbingan Konsling di sekolah dan Madrasah” dan “Bimbingan Tekhnis Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru” yang keduanya diterbitkan PT Bumi Aksara Jakarta, buku tesebut  sangat diminati dunia pendidikan.
Ketika disambangi wartawan di ruang kerjanya MAN 1 Medan Jalan William Iskandar Medan, Kamis (26/3), H. Ali Masran yang memilih Moto hidupnya “Tebarkan Kebaikan Pasti kamu menuai Kebaikan” mengatakan, jika seluruh keberhasilan yang ia raih, bukan seperti mebalikkan telapak tangan, tetapi dengan kerja keas, sungguh-sungguh, disiplin dan selalu berbuat kebajikan.

H Ali Masran meyakini, setiap rezeki yang ia peoleh, termasuk prestasi yang ia dapatkan hingga kini, tidak telepas dari takdir Allah SWT. Takdir ini tentunya juga diperoleh dengan upaya keras dan kesungguhan, serta menjadikan segala yang ia kerjakan sebagai amal dan ibadah, yang hanya mengharapkan Ridho Allah SWT. Sebab pada dasanya, takdir maupun rezeki yang kita peroleh di dunia  tidak terlepas  dari kebaikan yang kita tebar selama ini, termasuk dukungan istri, anak-anak, kerabat, sahabat, guru dan murid, merekalah yang mengantarkan saya berprestasi”, ujarnya. (R-35).  Demikian, Wallahu Muafiq Ila afwami Thoriq, Wassalam. (WKM Humas).