" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

KHATAMAN QUR’AN AKBAR DAN DO’A BERSAMA MENGHADAPI UN MAN 1 MEDAN DIHADIRI OLEH MENTRI AGAMA RI

Sabtu, 11 April 2015 suatu hal yang sangat bersejarah bagi MAN 1 Medan, kenapa tidak? Sebab pada hari itu berlangsung Khataman Qur’an Akbar, Do’a bersama  menghadapi UN kelas XII MAN 1 Medan, dan sekali gus penempatan pertama Masjid Al-Iman MAN 1 Medan.  Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Medan Bapak Drs.H. T.Dzulmi Eldin, S.MSi.  Yang menjadi exklusifnya acara itu adalah selain dihadiri oleh Bapak Wali Kota Medan, kegiatan tersebut dihadiri oleh  Mentri Agama Republik Indonesia, Bapak  Lukman Hakim Syaifuddin,  Anggota DPR RI Drs. H. Hasrul  Azwar beserta rombongan lainnya, Camat Medan Tembung dan para  Lurah se Kecamatan Medan Tembung.
Acara  Khataman Qur’an Akbar Dan Do’a Bersama Menghadapi UN siswa kelas XII MAN 1 Medan ini dipandu dengan 4 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Inggris, dan  4 orang MC, yaitu Ivo Herawati, Rizka Nurlina, Ratindi Azhrima dan Silvadiah  Suci Utami. Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur,an oleh Astri Dita Putri, dengan sari tilawah oleh Fatma Muthia.  Acara pertama adalah khataman Qur’an, disambut dengan marhaban yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Syamsul Bahri dan Hari Limbong,M.Pd, dipandu oleh Bapak Drs. H. Amin,  Do’a khatam dipimpin oleh Drs. Hamdah Syarif, M.Pd.I. Acara kedua Tausiyah singkat oleh Bapak DR. Ahmad Zuhri, dosen UIN SU Medan, dan do’a besama dipimpin oleh Muhammad Esyad, siswa kelas XII IA MAN 1 Medan. 


Kepala MAN 1 Medan Bapak H. Ali Masran Daulay, menyambut baik, dan beterimakasih sekali atas kehadiran Bapak Mentri Agama pada acara  Khataman Qur’an Akbar Dan Do’a Bersama Menghadapi UN siswa kelas XII MAN 1 Medan ini, dan betul-betul luar biasa, dan saya sungguh tidak menyangka atas kehadiran Bapak Mentri ini, dan saya mengharapkan agar Bapak Mentri dapat memberikan sedikit arahan, motivasi atau semangat kepada anak-anak kita ini, dalam menghadapi UN yang berlangsung pada Tanggal 13 April 2015, sehingga mereka dapat menjawab soal-soal dengan baik dan benar, lulus 100 %, dan dapat diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri yang pavorit di seluruh Indonesia, serta sukses dalam menggapai cita-cita mereka, amin”, demikian tegas Pak Ali, yang disambut tepukan meriah oleh para siswa MAN 1 Medan.
Kendati waktu Bapak mentri sangat terbatas namun Beliau sempat memberikan sambutan di hadapan siswa MAN 1 Medan dan para undangan. Bapak Mentri  menyampaikan Bersyukur dapat menghadiri Khataman Akbar dan doa bersama dengan anak-anak kita MAN 1 ini. Beliau telah menyambut baik terhadap kegiatan ini, walaupun UN  bukan merupakan syarat kelulusan namun UN  tetap perlu, sebab  UN juga diperlukan guna  standat penilaian, oleh karenanya kalian wajib mengikuti UN ini.
Bapak Mentri juga menyampaikan bahwa MAN 1 memiliki sejarah panjang, yang banyak menghasikan alumni yg terbaik, menempati jabatan-jabatan penting. Untuk  itu hendaknya , kalian juga harus memiliki perestasi yang terbaik, kami di kementrian agama memiliki program, bahwa siswa-siswa lulusan MAN yang terbaik akan mendapat kan beasiswa S1 ke  Jepang, kami sudah mengdakan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jepang. Mudah-mudahan dari MAN 1 ini nanti ada wakil-wakil yang dapat belajar di sana. Dan kami juga menyiapkan program untuk S3 selama lima tahun ini lima ribu Doktor, jadi setiap tahun ada 1000 doktor, maka terbuka sekali  peluang untuk kita semua, khususnya yang berprestasi. Mudah-mudahan dengan khataman Qur’an, zikir dan do’a yang kita lakukan hari ini kita deapat mengukir prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang, amin.  Beliau juga mengucapkan selamat datang kepada Kepala MAN 1 yang pertama, yang merupakan juga sesepuh pendiri MAN 1 Medan ini, yaitu Bapak Drs. H. Mukhtar Gaffar yang turut hadir pada acara tersebut.
Sementara itu Bapak Wali Kota Medan menyampaikan , UN  bukan hal yang menakutkan sebab itu sudah kita pelajari,  persiapkan diri kalian, dan tetap berdoa’a, sehingga kalian menjadi manusia yang berguna bagi orang tua, bangsa dan Negara. Selamat menempuh  dan tetap percaya diri bahwa kita sudah siap di uji, dan jangan mencontoh kepada teman dalam menjawab soal-soal nantinya. Saya yakin setelah tiga tahun kalian dididik dan diberi ilmu oleh bapak ibu guru,  dan sekarang dilakukan khataman Al-Qur’an, berzikir dan berdoa kalian pasti berhasil dan sukses mencapai cita-cita. Kepada bapak ibu guru saya harapkan terus membimbing dan memberikan semangat anak-anak kita semoga MAN 1 ini tetap melahirkan yang terbaik  lulus 100 persen UN tahuan ini, amin.
Selesai acara, Bapak Mentri Agama beserta rombongan, anggota DPR RI, Kepala Kemenag Wilayah Sumatera Utara, Wali Kota Medan berangkat menuju Gedung Asrama Haji di Pangkalan Mansyur Medan untuk meresmikan Gedung yang telah selesai dibangun.

Wassalam, Drs. Hamdah Syarif,M.PdI (WKM Humas)