" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

Disela-sela Peringatan Isra’ Mi’raj MAN 1 Medan PUTRI MUSLIMAH INDONESIA TEMUI GURUNYA , PAK ALI MASRAN DAULAY

Putri Muslima Indonesia 2015 Nesa Aqila Heryyanto Putri menyampaikan ucapan terimaksih  yang mendalam kepada Haji Ali Masran Daulay,S.Pd,MA, guru sekaligus mantan kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN)3  Medan, yang telah banyak membimbingnya jadi wanita Muslimah yang seutuhnya.
Semasa saya sekolah di MAN 3, memang saya agak badung, sering telat sekolah dan banyak peringatan, hamper semua guru, tapi beliau dengan lembut memberikan petunjuk dan arahan, sehingga saya bisa seperti ini.”Ujar Nisa  Aqila saat berkunjung ke Man 1 Medan, , yang kini dipimpin Bapak Haji Ali Masran.
Peringatan Isra’ MI’raj yang sekaligus dirangkai do’a bersama menyambut ramadhan 1436 H, menjadi tambah syahdu dengan kehadiran Nesa  Aqila yang sejak pagi sudah ditunggu-tunggu adik-adiknya dari MAN 1 Medan. Nesa mereka elu-elukan karena dia sudah menjadi ikon putri muslimah secara nasional dan ia seorang alumni MAN. “Sudah cantik, pintar, ramah murah senyum, saya salut dengan kak Nesa, dan ingin lebih seperti dia’. Ujar Nurul Adha Almayora, siswi kelas XI IPS 1 MAN 1 Medan. Bahkan Ustaz Sutan Syahrir Dalimunthe, yang tadinya mengisi tausiyah agama dalam peringatan Isra’Mi’raj itu dengan materi hikmah perjalanan Nabi sebagai sebuah kapal iman dan taqwa, berubah 180 derajat, hanya sekedar mendiskusikan kecantikan, kepintaran dan sikap tawadhu’ yang tampak di wajah putri muslimah. Kalau saya kembali ke era 20 tahun lalu, saya pasti pilih Nesa, tapi karena saya sekarang  lebih pantas  jadi ayahnya, ya pinomatnya untuk anak saya, “ ujar sang ustadz penuh kelakar. Alas an sang ustadz  bukan main-main, sosok wanita beginilah dambaan lelaki muslim, cantik, menutup aurat, dan pintar. Jadi,  kalian semua jangan takut mempertahankan jelbab, karena membuat diri kalian lebih baik lagi. Sebab, awal hidup kita ini, sudah dimulai dengan yang baik (fitrah) dan hendaknya berakhir dengan baik (khusnul Khotimah).
Itulah gambaran perjalanan Isra’ Mi’raj, bermula dari yang baik dan berakhir pula dengan kebaikan. Rasulullah SAW,  pribadi uswah hasanah, contoh yang baik. Jangan kalian kira  karena kehebatan kita, data menjamin kita masuk syurga. Hendaknya  jadikanlah rumah kita itu cantik secantik iman dan taqwa dalam diri kita”. Ujar Ustadz. Ajaran ustadz ini tampaknya sejalan dengan pengetahuan yang di dapat Nesa dalam penggemblengan dirinya saat bersaing dalam ajang Putri Muslimah itu. ‘Kita tidak boleh takut tidak mendapatkan apa-apa dengan berhijab,  karena rezeki setiap manusia sudah ditentukan Allah SWT, ujarnya. Yang penting kalian harus percaya diri, kerjakan perintah Allah dan jauhi larangannya, serta hormat kepada guru dan kedua orang tua. Sebab ridho Allah juga ada pada ridhonya orang tua.
Saya sungguh berterimaksih kepada Yanda Ali Masran, beliau banyak menasehati saya untuk kebaikan. Saya pernah jadi anak malas, sering dimarahi, tetapi saya tahu setiap marah dan nasehat orang tua untuk kebaikan saya. Jadi, saya harus nurut,” ujarnya. Termasuk menjadi Putri Indonesia, Nesa juga harus mengaku  harus mendapat izin orang tua terlebih dahulu untukmengikuti ajang itu. Silahkan, kalian juga minta izin pada orang tua kalau mau jadi seperti saya.
Jadi putri Indonesia itu luar biasa sulit, kalian harus meperkaya pengetahuan dibidang apapun, memiliki bakat, cantik, pandai merawat kesehatan,  menguasai Bahasa Inggris dan Arab, belajar dan berdo’a”, ujarnya.
Acara penuh keakraban itupun diakhiri dengan foto bersama. tampak siswa-siswi MAN 1 Medan  berfoto bersama dengan anak madrasah yang kini jadi ikon wanita muslimah se-Indonesia. Viva Nesa, Viva MAN 1 Medan. Acar juga terasa lebih hikmat sebab seluruh siswa turut menyumbang dari uang sakunya untuk pembangunan masjid Al Iman MAN 1 Medan. Masjid yang sudah dibangun sejak setahun yang lalu, banyak mendapat dukungan orang tua siswa. Ali Masran berterimakasih atas dukungan itu. Ustadz Sutan Sayahrir Dalimuntha dan Nesa Aqila pun turut menyumbang untuk masjid itu.  (R-35)

Wassalam, Drs. Hamdah,M.PdI