" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MAN 1 MEDAN DIBUKA OLEH KAKANWIL KEMENAG SUMUT DAN DITUTUP OLEH IRJEN KEMENAG RI

 Pelaksanaan kegiatan pendampingan implementasi  kurikulum  2013 MAN 1 Medan telah dibuka oleh Kepala Kanwil Kementrian Agma Sumatera Utara Bapak Drs. H. Tohar Bayuangin,M.Ag. Kegiatan ini berlangsung selama  empat hari, mulai 20 – 23 Juni 2015,  di ruang Poncan Room   Hotel  Akademi Parawisata Negeri  Jalan Rumah Sakit Haji Medan.
Kegiatan pendampingan implementasi  kurikulum  2013 MAN 1 Medan ini di ikuti oleh 49 guru guru  dan KKM MAN 1 Medan, yaitu dari Madrasah MAL IAIN Medan, Madrasah Al Kausar, Madrasah Aisiyah, Madrasah Al-Wasliyah Pulo Brayan Kota, dan Madrasah Al Ittihadiyah.  Kegiatan ini dibuka dan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Oleh Drs. Hamdah, M.PdI, merupakan guru MAN 1 Medan, dan pada kegiatan ini juga bertindak sebagai Moderator.
Adapun yang menajadi narasumber adalah, Bapak Drs. H. Tohar Bayoangin,M.Ag dengan  materi  “Kebijakan Implementasi Kurikulum 2013”, Drs. Luthfi Maulana Nst,M.Pd, dengan materi  “ Perubahan Mindset  dan Rasionalisasi Kurikulum 2013, Analsis SKL,KI dan KD, Analisis Buku Guru dan Buku Siswa”, Drs. M. Taher,M.Pd, dengan materi “Simulasi Pembelajaran Berbasis Sainstifik, Simulasi Penilaian Autentik”, Mistar Resti,MA, dengan materi “ Menyusun RPP”.

 Kepala MAN  1 Medan H. Ali Masran Daulay,S.Pd,MA menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan,  untuk memantapkan guru-guru, khususnya MAN 1 Medan dalam melaksankan K13 ini, sebab MAN 1 Medan akan di jadikan MAN 1 percontohan mengenai K13 ini.  Kita jauh pandangan kedepan, guru MAN 1 Medan adalah inti yang akan memberikan bimbingan ke madrasah-madrasah  swasta yang lain. Harapan kita adalah, agar guru trampil dan mampu melaksanakan K13  ini di tahun ajaran baru nanti. Kegiatan ini merupakan lanjutan terhadap kegiatan pendampingan Implementasi K13 yang dilaksanakan, bulan Desember 2014 yang lalu di MAN 1 Medan. Oleh karenanya kepada Bapak Kakanwil Kemenag Sumatera Utara, berkenan memberikan bimbingan dan arahan sekaligus membuka kegiatan pendampingan implementasi  kurikulum  2013 MAN 1 Medan ini”. Uajar Pak Ali.

Disamping itu, Kepala Kemenag Wilayah Sumut, Drs.H.Tohar Bayoangin dalam arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan program  Kemenag, oleh karenanya kegiatan ini sangat penting, dan kepada para guru jangan ragu-ragu, jangan marah-marah, berfikir positif, orang besar selalu berfikir jauh kedepan, hilangkan iri, dengki dan sebagainya,  kita harus komit untuk melaksanakan K13 ini, ibarat batrai kalian dicas, agar segar kembali. Dan tahun ajaran baru khusus untuk pelajaran agama kita sudah lending melakukan Kurikulum 2013. Oleh karenanya kepada para peserta betul-betul serius mengikuti kegiatan ini, gunakan kesempatan empat hari ini dengan sebaik-baiknya”. Demikian kata Pak Tohar.
Al-hamdulillah kegiatan pendampingan implementasi  kurikulum  2013 MAN 1 Medan ini berjalan lancar dan sukses. Selama empat hari, kendatipun para peserta  dalam keadaan berpuasa, namun mereka tetap semangat mengikuti, dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh para nara sumber. Sementara itu Irjen Kemenag  Republik Indonesia,  Bapak H. Nur menyampaikan, bahwa mereka sudah dua hari bertugas di Medan ini, dan menyatakan  aplus kepada panitia  dan merasa bersyukur dapat bertatap muka dengan para guru Man 1 Medan dan Guru-guru Madrasah swasta se KKM yang berhadir. Selanjutnya beliau sampaikan , bahwa lembaga kita yang di pimpin oleh Mhd. Yasir berfungsi sebagai  menjamin mutu kinerja, mereka  melakukan pengawasan satker di kementrian agama di seluruh Indonesia. Dan beliau Minta perhatian kepada  para guru, ada imeg masyarakat, madrasah hanya menerima  orang menengah ke atas saja, sementara menengah kebawah tidak diterima. Bayangkan  madrasah yang  dibiayai Negara, tapi yang masuk menikmati hanya orang menengah ke atas saja,  sedihkan”. Ujar Pak Irjen.
Oleh karenanya, lanjut pak Irjen, Jangan bermain-main dengan uang komite, BOS dan lainnya, tolong lihat, kalau ada siswa miskin agar diperhatikan. Kalau bukan hak kita jangan  diambil, kalau ada dikasi sesuatu, tanyak dulu apa dan dari mana ini.  Jangan menyalah gunakan jabatan dan  kewenangan. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, disiplan, jujur dan ikhlas yakinlah Allah pasti selalu memberikan rahmat, hidayah dan berkahnya, amin”. Ujar Pak Irjen, sekaligus menutup kegiatan pendampingan implementasi  kurikulum  2013 MAN 1 Medan, pada jam 13.00 WIB, 23 Juni 2015, di Poncan Room   Hotel  Akademi Parawisata Medan Jalan Rumah Sakit Haji Medan.

Wassalam, Drs.Hamdah,M.PdI (WKM Humas MAN 1 Medan)