" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

PENERJUNAN TIM SYAFARI RAMADHAN (PTSR) MAN 1 MEDAN KE KABUPATEN LANGKAT BERJALAN SUKSES

 Penerjunan Tim Syafari Ramadhan ( PTSR) Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan, yang berlangsung sejak tanggal 21 sampai dengan 25 Juni 2015, yang berlokasi di 10 Desa di Kabupaten langkat, telah berakhir kemaren dengan lancer dan sukses.
PTSR MAN 1 Medan ini merupakan kegiatan rutin  program  yang  dilaksanakan oleh OSIS MAN 1 Medan bidang Koorbid Da’wah. Siswa yang diterjunkan sebanyak 60 orang kelas X dan XI , yang terdiri dari 50 siswa dan 10 alumni MAN 1 Medan.  Dari 50 siswa tersebut di sebar di sepuluh desa, yaitu Desa Pasar IV, desa  Pasar V, Pasar VIII, Desa Pekan Sawah, Kampung Tempel, Kuta Eloh, Namu Thating, Gang Asam, Tanjung Gunung, dan Desa Batu Burbar, setiap desa diterjunkan sebanyak 5 siswa.
Para siswa PTSR MAN 1 ini diberangkatkan dan dilepas oleh Kepala MAN 1 Medan di halaman MAN 1 Medan, Sabtu, 21 Juni 2015 pada jam 10 pagi. Keberangkatan PTSR MAN 1 Medan ini di damping oleh du orang WKM  MAN 1 Medan, Drs. Sunariadi (WKM Kesiswaan), dan Drs. Hamdah Syarif,M.PdI (WKM Humas). Adapun tempat pusko dari PTSR ini adalah di Pasar VIII di Masjid Baiturrahman.
Sampai di pusko PTSR MAN 1 Medan di terima oleh para warga  setempat salah satunya adalah ketua Nazir Masjid Baitur Rahman, Bapak H. Muhammad Ali. Setelah diadakan acar penyambutan di pusko tersebut, maka dari pusko para peserta PTSR di sebar di 10 Desa yang sudah ditentukan dan tersebut diatas.


Pada kesempatan ini Bapak  Kepala MAN 1 Medan H. Ali Masran Daulay,S.Pd, MA, menyampaikan sambutannya, sekaligus melepas PTSR ini, mengatakan bahwa gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, pasang niat yang tulus dan ikhlas, anak-anakku kalian adalah, yang terbaik dan terpilih untuk diterjunkan dalam PTSR ini, oleh karenanya kalia harus mampu menjadi contoh tauladan dan penyejuk dilokasi masing-masing, kalian harus mampu memotivasi, mengajak masyarakat maupun anak-anak di daerah lokasi kalian untuk mau mengaji dan sholat berjamaah, serta memakmurkan masjid-masjid yang kalian tempati. Kalian adalah duta-duta MAN 1 Medan, oleh karenanya kalian harus mampu menjaga nama baik dan membawa harum Madrasah kita. Kerja anak-anakku sungguh mulia, apa lagi sekarang dalam bulan Ramadhan, pasti Allah SWT akan senantiasa memberikan hidayah dan rahmatnya kepada anak-anakku sekalian, dan mari kita berdo’a semoga PTSR tahun ini berjalan dengan sukses, dan anak-anakku selamat kemabali pulang amin”. Ujar Pak Ali.
Adapun  program yang dilaksanakan peserta PTSR di lokasi masing masing adalah, da’wah bil hal seperti gerakan kebersihan, keindahan lingkungan,  silaturrahmi, ngajar ngaji anak-anak setempat, pelatihan  nasyid, bombingan ibandah sholat, penyelenggaraan jenazah, bilal taraweh, dan lain-lain.  Dan da’wah bil lisan, ceramah, khatib jum’at dan lain-lainnya.
Memasuki hari kelima siswa Penerjunan Team Syafari  Ramadhan (PTSR) Rabu, 25 Juni 2015, di Kabupaten Langkat  telah mengadakan Gebyar Karya Remaja. Kegiatan ini di isi dengan lima perlombaan, yaitu cerdas cermat Agama Islam, Azan, Nasyid, Pildacil, dan hafiz surat pendek. Acara ini di pusatkan di pusko PTSR Masjid Baitur Rahman, Pasar 8, Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Adapun yang menjadi peserta dari perombaan-perlombaan ini adalah anak-anak dari 10 Desa yang ditempati oleh siswa PTSR MAN 1 Medan.
Masyarakat setempat sangat antusias dan menyambut baik dengan kegiatan ini, hal ini terihat banyak para orang tua yang ikut datang mengantarkan anak-anak mereka sebab anaknya ikut sebagai peserta lomba.  Bapak H. Muhammad Ali selaku pemuka masyarakat setempat mengatakan kepada penulis, bahwa kegiatan ini cukup positif dan sangat baik, ini terlihat banyaknya peserta yang ikut lomba mencapai 120 orang, dan sporternya mencapai 150 orang. Dan kita lihat anak-anak sangat gembira dengan adanya kegiatan ini dan mereka kita lihat sungguh rajin berlatih dan berani tampil, ditengah-tengan orang ramai. Ini menjadi motivasi bagi mereka agar mereka lebih giat, dan rajin lagi dalam belajar.

Adapun para pemenang diberi hadiah berupa uang dan buku-buku Tulis, yang memang sudah disiapkan oleh siswa PTSR MAN 1 Medan. Anak-anak yang  menjadi juara  sangat gembira ketika menerima hadiah-hadih yang di serahkan oleh  Kepala MAN 1 Medan yang diwakili WKM Humas Bapak Drs. Hamdah Syarif,M.PdI selaku Guru Pendamping PTSR MAN 1 Medan untuk Kabupaten Langgkat. Demikian, Wslm, Humas MAN 1 Medan.