" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

KEGIATAN KEAGAMAAN PROGRAM ILMU AGAMA MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 BERJALAN SUKSES

Madarasah Aliyah Negeri 1 Medan melaksanakan kegiatan keagamaan program Ilmu Agama pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu tanggal 29  sampai dengan 31 Oktober 2015 di Asrama Haji Medan.
            Kepala MAN 1 Medan H. Ali Masran Daulay, S.Pd, MA mengatakan bahwa jurusan Ilmu Agama adalah menjadi unggulan bagi MAN 1 Medan ditambah lagi di bidang keagamaan MAN 1 Medan meraih juara II tingkat nasional dibidang keagamaan tahun 2014. Jadi, kegiatan ini merupakan lanjutan dari program Ilmu Agama.



            Acara dilaksanakan selama tiga hari, hari pertama materi teori dan praktek manasik haji yang dibimbing oleh Drs. H. Sangkot Saragih seorang yang pakar dibidang ini di Sumatera Utara. Hari ke dua teori dan praktek Khutbah Jumat, Khutbah Idul Fitri dan Idul Adha serta ceramah kuliah tujuh menit (kultum) yang dibimbing oleh Drs. H. Legimin Syukri. Hari ketiga materi teori dan praktek penyelenggaraan jenazah yang dibimbing oleh Drs. H. Zakaria Koto. Semua pemateri adalah seorang professional dibidangnya.


Acara pembukaan dibuka langsung oleh kepala kantor Kementerian Agama Propinsi Sumatera Utara Drs. H. Tohar Bayoangin, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang sangat positif pada kegiatan ini. Anak madrasah harus kita dorong untuk lebih maju lagi dalam mencapai cita-citanya yang mulia,  anak-anak jurusan Ilmu Agama harus nomor satu dan berada di barisan terdepan dalam hal kebaikan. Beliau mencontohkan dirinya sebagai anak alumni MAN 1 Padang Sidimpuan jurusan Ilmu Agama bisa menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Utara. Pernyataan beliau langsung mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari peserta yang hadir.
            Jurusan Ilmu Agama merupakan nilai plus bagi Madrasah karena ilmu yang diperoleh dunia dan akhirat dan insyaallah kebahagiaan yang juga diperoleh dunia dan akhirat.


Dalam pidatonya, Ketua Panitia Drs. H. Amin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan ilmu pengetahuan keagamaan tentang manasik haji, khutbah  Jum’at, ceramah agama dan fardhu kifayah sekaligus prakteknya. Tujuan lainnya adalah untuk membiasakan anak didik ketika sudah menamatkan pendidikan dari MAN 1 Medan dapat mencontohkan kepada orang lain untuk mengamalkan ilmu tersebut. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh MAN 1 Medan, Insyaallah ke depan akan ditindak lanjuti.

            Acara dilanjutkan dengan bimbingan dan pelatihan manasik haji yang disampaikan oleh al-ustadz Drs. H. Sangkot Saragih, MA.


Beliau yang juga mewakili wali siswa menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Kepala MAN 1 Medan dengan kegiatan seperti ini adalah sangat luar biasa dan benar-benar akan bermanfaat bagi siswa dan akan menimbulkan kesan yang mendalam bagi siswa-siswi khususnya jurusan Ilmu Agama untuk masa yang akan datang.

Selanjutnya Drs. H. Legimin Syukri sebagai narasumber pelatihan Khutbah Jum’at, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta ceramah tujuh menit memberikan pengarahan kepada para siswa/siswi didampingi oleh Ady Afandi, S.Ag dan H. Muhammad Basri, MA guru MAN 1 Medan dan juga Wakil Kepala MAN 1 Medan bidang Humas.




Dihari ketiga Ustadz Drs. H. Zakaria Koto sebagai nara sumber materi Pelatihan Fardu Kifayah pada kegiatan ini memberikan pengarahan kepada para siswa/siswi.

(Berita dirilis oleh H. M. Basri, MA WKM Humas MAN 1 Medan).

Ingin lihat foto-foto kegiatan yang lain, klik disini

Lihat video, klik disini.