" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

Perpisahan Siswa Kelas XII MAN 1 Medan T.P. 2015/2016 Penuh Pertunjukan dan Kreasi


Drs. Tohar Bayoangin, M.Ag (Ka. Kanwil Kemenag. SU) 
menyampaikan kata sambutan

Rabu, (20/4) 2016 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan menggelar acara perpisahan dan pelepasan untuk siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2015/2016. Perpisahan tahun ini dilaksanakan di Madinatul Hujjaj Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan yang bertempat di jalan A.H. Nasution kecamatan Medan Johor bertemakan “Kebersamaan dalam Kesederhanaan Untuk Meraih Kesuksesan”.
Acara perpisahan ini berlangsung sukses dan meriah yang dihadiri oleh seluruh siswa MAN 1 Medan, Kepala Madrasah, Guru dan Pegawai, Ka Kanwil Kemenag Sumut, serta tamu undangan lainnya.
Kemeriahan acara ini dipandu oleh 3 orang MC dengan 3 Bahasa, yaitu : Abdullah (X IPA 3) sebagai MC Bahasa Indonesia, Nurul Rafidah Harahap (XI IPA 4) sebagai MC Bahasa Arab, dan Jeihan Vanindah (XI Agama 2) sebagai MC Bahasa Inggris.

Acara ini dibuka sekitar pukul 08:15 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Fatma Muti’ah dan Muhammad Fadil yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Amin  (Wakil Kepala Madrasah Bidang keagamaan). Selanjutnya, acara diisi dengan menyaksikan tari persembahan oleh sanggar tari MAN 1 Medan.
Ketua panitia perpisahan kelas XII tahun ini Fachrul Ikhsan (XI IPA 6) melaporkan bahwa peserta perpisahan dan pelepasan tahun ini sebanyak 361 siswa kelas XII. Dan panitia berjumlah 41 orang. Ia juga melaporkan bahwa ditahun ini ada award (penghargaan) yang diberikan kepada siswa kelas XII dengan 10 nominasi. Akhir laporannya ia mengatakan. “Tidak ada pertemuan yang abadi dan tidak ada pula perpisahan yang abadi”.
Kata sambutan mewakili siswa/i kelas XII oleh RaihanAzmi Azhari Tarigan (XII Ilmu Agama). Dalam kata sambutannya, ia menjabarkan tentang masa sekolah yang nantinya akan menjadi hal-hal yang akan dirindukan. Ia juga memberikan semangat kepada teman-teman seangkatannya bahwa angkatan kelas XII tahun ini adalah alumni tahun terhebat dengan alasan rata-rata siswa alumni tahun 2016 lahir pada tahun 1998 dimana terjadinya krisis moneter, angkatan yang pertama kali menghadapi UN dengan 20 paket, angkatan yang pertama kali menerapkan system kurikulum 2013, serta angkatan yang kuota masuk PTN dibatasi. Mewakili kelas XII, ia juga meminta maaf dan meminta keridhaan para guru untuk kesuksesan para siswanya.
Kepala MAN 1 Medan, H. Ali Masran Daulay, S.Pd, MA. menjelaskan bahwa ditahun ini peserta Ujian Nasional (UN) 2016 di MAN 1 Medan berjumlah 361 siswa dengan 3 jurusan, yaitu jurusan IPA, IPS, dan Ilmu Agama (IA). Beliau berharap dibulan Mei mendatang, siswa kelas XII MAN 1 Medan  lulus 100% dan menjadi alumni yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, nusa dan bangsa. 
Bimbingan dan arahan oleh Kakanwil Kemenag Sumut, Drs. H. Tohar Bayoangin, M.Pd. memberikan 3 hal penting. Pertama, siswa kelas XII harus semangat melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Kedua, jangan lupakan sejarah. Ingatlah selalu sebagai tamatan MAN 1 Medan. dan yang ketiga adalah pikirkan ingin menjadi apa. Diakhir arahannya, beliau menggemakan motto Madrasah bahwa “Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah”. 
Acara selanjutnya menyaksikan persembahan Nasyid. Kemudian diteruskan dengan berbagai kata sambutan kembali dimulai dengan kata sambutan ketua OSIS MAN 1 medan oleh Muhammad Qadri, kata sambutan mewakili wali siswa kelas XII oleh Drs. Hasbullah Zakaria, MA, kata sambutan alumni MAN 1 Medan oleh Prof. Dr. H. Muzakkir, M.Ag, kata sambutan mewakili guru MAN 1 Medan oleh Drs. Sunaryadi, dan kata sambutan ketua komite MAN 1 Medan oleh Dr. H. M. Yusuf Harahap, M.Si. Serta penampilan tari komando oleh Pasukan Pengibar Bendera MAN 1 Medan (PASPRAMSAT).
Acara Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan nominasi untuk siswa kelas XII yang berprestasi dan serah terima sumbangan oleh kelas XII sebesar Rp.18.050.000,00 untuk pembangunan masjid Al-Iman MAN 1 Medan yang sedang dalam tahap penyelesaian.. 
Siswa berprestasi yang meraih 10 nominasi tersebut, antara lain :
1. Nominasi ketua kelas terbaik diraih oleh Aditya Candra (XII IPS 2)
2. Nominasi siswa yang berprestasi akademik diraih oleh Hamdi Ahmad Zuhri (XII IPA 2)
3. Nominasi siswa terdisiplin diraih oleh Ari Sofyan (XII IPA 4)
4. Nominasi siswa berpenampilan rapi diraih oleh Afwan Ghafur (XII IPA 3)
5. Nominasi siswa teraktif diraih oleh Fatin (XII IPS 1)
6. Nominasi siswa terfavorit diraih oleh Raihan Azmi (XII Ilmu Agama)
7. Nominasi siswa terhumoris diraih oleh Azis Malpo (XII IPA 5)
8. Nominasi siswa berprestasi olahraga diraih oleh M. Faisal Aqil (XII IPS 3)
9. Nominasi siswa aktif pengabdian masyarakat diraih oleh Ridho Sucipto (XII IPA 1)
10. Nominasi siswa berjiwa social tinggi diraih oleh Siti Balqis (XII IPA 6)

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan siswa-siswi kelas XII MAN 1 Medan T.P. 2015/2016 secara resmi  sekaligus pengalungan medali yang diwakili oleh masing-masing ketua kelas XII. Yang dilanjutkan dengan persembahan tari adat Sumatra Utara oleh sanggar tari MAN 1 Medan.
Hingga tiba pada detik-detik pelepasan siswa kelas XII MAN 1 Medan, seluruh guru diharapkan berdiri di panggung utama. Dilanjutkan dengan seluruh siswa kelas XII menyalami seluruh guru yang diiringi dengan Paduan Suara.
H. Muhammad Basri, MA Wakil Kepala Bidang Humas berharap semoga anak-anak madrasah khususnya siswa-siswa MAN 1 Medan bisa menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang, yang dapat membawa negeri ini menjadi lebih baik dan diridhai oleh Allah Swt. Amiin. (AB)