" />

"Selamat Datang di situs MAN 1 Medan"

Gebyar Muharam 1439 H di MAN 1 Medan Semarak



Muharam merupakan nama bulan yang pertama dalam penanggalan kalender islam. Pada tanggal 9, 10 dan 11 Muharam 1439 H atau pada tanggal 29, 30 September dan 1 Oktober 2017 MAN 1 Medan melaksanakan gebyar Muharam yang langsung di buka oleh Kepala Maisaroh, S.Pd., M.Pd di hall MAN 1 Medan, Jl. Willem Iskandar No. 7B,  jum’at 29 September 2017 pukul 14.30 wib.
Acara ini diselenggarakan oleh Koordinator Bidang Kesenian OSIM MAN 1 Medan periode 2017-2018. Acara ini dirangkai dengan kegiatan 7 perlombaan , yakni kaligrafi, MTQ, Fahmil Qur’an, Syarhil qur’an, Ceri (Ceramah Islami), Simi (Puisi Islami), MIC ( Music Islamic Contest), Sedangkan acara puncak tausiyah akbar oleh Bapak Al Ustazd H. Bambang Irawan S.Ag, sekaligus pembagian hadiah dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2017 di Hall MAN 1 Medan.

Lewat sambutannya Ibu Kepala MAN 1 Medan Maisaroh Siregar, S.Pd., M.si sangat mendukung diadakannya gebyar muharam ini untuk lebih mengingatkan bahwa tahun baru Islam adalah 1 muharam bukan 1 Januari maka dari itu mari kita rayakan dengan mengadakan berbagai macam kegiatan positif seperti perlombaan yang sudah dilaksanakan.Tahun lalu kita sudah banyak berbuat, dan melakukan yang terbaik untuk MAN 1, oleh sebab  kedepan  harus lebih baik lagi. Namun anak-anakku perlu kalian cermati bahwa tantangan kita akan semakin berat, banyak yang akan menerkam kita, seperti tegnologi/ informasi, materialisasi, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya, ini semua tantangan kita, yang apabila kiat tidak mampu memfilternya maka kita akan jatuh dan dan terseret sehngga kamu akan gagal dalam mencapai cita-citamu.

Selanjutnya  Al Ustaz H. Bambang Irawan, S.Ag. mengatakan bahwa kita umat Islam harus mengerti dan tahu sejarah. Kita jangankan belajar sejarah, mengenal rasul bahkan sekarang mengartikan nabi sudah lain. Nabi kan manusia juga sama seperti kita, nabi makan kita makan, nabi tidur kita tidur, tapi makan nabi tidak seperti kita, nabi makan sedikit kita sedikit-sedikit makan, nabi tidur sedikit kita sedikit-sedikit tidur dan lain sebagainya. Nabi tidur matanya terpejam tapi hatinya tidak tertidur selalu berzikir kepad Allah swt, makanya cobalah melihat sisi kehidupan rasul yang luar biasa.

Acara ini bertemakan ‘Tunjukkan aksimu untuk awal kebangkitan Islam’.  Acara ini digelar agar siswa-siswi dapat memahami hakikat hijrah yang mendasari awal mula penanggalan Hijriyah.  Dikatakan bahwa acara seperti ini harus dimeriahkan, dan kita jangan kalah dengan perayaan tahun baru yang lain, seperti Masehi dan Imlek.  “Harapan kita kedepannya ada follow-up dari acara kita kali ini, agar seni Islami di MAN 1 Medan tidak hilang ditelan zaman dan dapat mengembalikan peradaban Islam yang telah hilang selama beberapa abad belakangan ini,” kata Afif Akbar selaku Ketua  OSIM MAN 1 Medan dalam sambutannya pada acara puncak Gebyar Muharram 1439 H. Acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses ditandai dengan antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini.
Acara gebyar Muharram ini dimeriahkan dengan hiburan pembacaan puisi, penampilan syarhil qur’an, lagu-lagu  religious, pembagian hadiah-hadiah untuk 7 perlombaan, dan ditutup dengan doa. KSS